loader

Mendag Ajak Pelaku Industri Genjot Ekspor

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Mendag mengungkapkan sejumlah produk seller market Indonesia yang mendominasi pasar dunia. Produk-produk tersebut yaitu minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dengan pangsa pasar 53 persen, sarang burung wallet 47,8 persen, cengkeh 36,1 persen, dan nikel 28 persen. Selain itu, ada juga produk oleo chemical, margarin, cocoa butter, tisu, timah, dan flooring dari kayu.

Hal ini disampaikan Mendag Agus saat menjadi pembicara kunci pada webinar Forum Trade for Indonesia bertema “Seller Market Orientation” yang diselenggarakan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia secara virtual hari ini, Rabu (22/7), lalu. “Kita harus bergerak cepat, tidak ada lagi waktu untuk saling menunggu. Peran aktif seluruh pelaku usaha dan masyarakat sangat diperlukan untuk menjaga kinerja ekspor Indonesia di pasar global. Banyak hal yang bisa kita gali dan kembangkan untuk peningkatan ekspor,” tegas Mendag Agus.

Mendag Agus juga menyampaikan sejumlah tantangan besar yang dihadapi perdagangan global, antara lain perubahan perilaku konsumen yang kini menjadi lebih selektif dalam memilih produk dan mengutamakan produk yang higienis, serta perubahan pola perdagangan yang berkembang ke sektor niaga elektronik (e-commerce).

Tantangan lainnya, yaitu meningkatkan praktik proteksionisme dan hambatan perdagangan, sulitnya penyelesaian perundingan kerja sama perdagangan antarnegara di masa pandemi Covid-19, serta besarnya potensi defisit dan resesi ekonomi di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Share

Ads