loader

Produksi Batako, Ono Ku Niki Berdayakan Ibu-Ibu

Foto

BANYUASIN, GLOBALPLANET.news - Usahanya itu membuahkan hasil dengan dibuktikan berdirinya depot batako yang diberi nama Ono Ku Niki.

Perlahan tapi pasti, omzetnya pun terbilang lumayan untuk usaha rumahan menambah penghasilan sampingan, karena makin banyak peminat baik dari masyarakat sekitar maupun dari luar.

Di depot ini cukup unik, selain namanya, karyawannyapun mayoritas perempuan, padahal kerjanya cukup lumayan berat, tapi semua karyawan sangat senang dan hasil kerjapun bisa untuk membantu suami membangun rumah dan kebutuhan sehari-hari.  

Usman Yahya Pemilik usaha mengatakan, usaha kayu sudah di mulai sejak tahun 1994. Sedangkan usaha batako bolong dua dimulai sejak tahun 2013. Untuk namanya depot di ambil dari bahasa jawa. Onoku Niki yang artinya Punyoku ini. 

"Usaha ini terinspirasi dari membangun rumah sendiri yang kesulitan mencari batu dan kayu, " kata dia. 

Untuk bahan yang digunakan pembuatan batako ini berupa,  tanah sirtu, semen, cetakan dan sebagainya. "Usaha ini masih terbilang kecil dan rumahan, jadi kami sangat berharap ada perhatian dari pemerintah untuk bantuan baik materi maupun non materi," jelas dia.

Untuk saat ini dia memiliki 4 orang karyawan, yang semunya perempuan. Lain halnya di depot lainnya yang banyak menggunakan tenaga laki-laki. "Untuk penghasilan berkisar 500 sampai 2 juta perbulan," kata dia.saraya menambahkan bila berminat hubungi nomor ini 085267575425.

Sukartini salah satu karyawan mengatakan, sejak bekerja membuat batako ini, bisa membangun rumah karena tidak terlalu mahal untuk membeli batu yang di bayar dari batu yang dikerjakan. 

"Alhamdulillah pekerjaan cetak batako, tetap bertahan, meskipun agak berat tapi sudah terbiasa," jelas dia. 

Share

Ads