loader

Kebutuhan Daging di Lahat Masih Dipasok dari Luar Daerah

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, Otong Heriadi melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh Astin Tri Saputra mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging sapi dan ayam masih djdapat dari luar daerah.

Karena, kata Astin, tempat pat pemotongan hewan sudah bekerjasama, mengambil sapi dari Lampung. Sedangkan, sapi peternak di Kabupaten Lahat hanya dijual saat momen hari lebaran qurban.

" Untuk konsumsi daging yang dijual dipasaran itu dari Lampung sapi Australia. Misal stok kosong atau kurang di tempat pemotongan baru cari sapi dari sini," ujarnya, Jumat (4/12/2020). Sedangkan daging ayam potong rata rata dari perusahaan dari Medan, Lampung, Ogan Ilir karena di Lahat banyak kemitraannya.

Astin juga menerangkan, Dinas Pertanian hanya melakukan pengawasan layak atau tidak layaknya daging untuk dijual dan memberikan rekomendasi izin.

" Kita lakukan pengawasan layak atau tidak layak dijual, petugas kami setiap hari ada di tempat pemotongan hewan. Kalau ke peternak kami hanya cek saat jelang lebaran saja," sampainya.

Share

Ads