loader

Berawal dari Mata, Rina Sukses Kreasikan Kue Bertema

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Palembang ini, selalu mencermati perkembangan dan memanfaatkan memontum untuk memikat pasar dengan berbagai kreasi kue bolu. Salah satunya bolu bertema Pilkada yang saat memang tengah berlangsung.

"Karena pemilu akan dilangsungkan kami membuat bolu dekor karakter tema pilkada 2020," ujar Rina Evelyn owner New Rumah Coklat, di Jalan Agung Suprapto, Minggu (6/12/2020).

Rina yang telah berkecimpung di dunia bakery sejak 2006, membuat bolu karakter memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Dalam arti setiap detail bentuk kreasi mempunyai struktur dan tekstur berbeda.

"Awal mula belajar secara otodidak ketika sering melihat cara membuat kue dari empat baker terdahulu. Bahkan saya tidak memiliki dasar ilmu bakery. Karakter pertama yang saya buat adalah Captain America," terang dia.

"Saya kan punya tokonya, saya suka control dan mengawasi mereka (pegawai) dan mulai coba-coba bentuk sendiri sampai berhasil. Kalau gagal pernah pasti, tetapi kan semangat untuk bisa," jelasnya.

Khusus bolu pilkada 2020 ini, Rina menggunakan bahan dasarnya kue tar dengan lapisan gula vondant icing sugar. Yang didesain dengan ilustrasi protokol kesehatan. Jadi karakter orangnya dibuat dengan berjarak pakai masker dan ada seruan 3M.

Dijual seharga kisaran Rp600-850 ribu, bolu karakter selama pandemi Covid-19 ternyata laris manis. Rina menyebut ada peningkatan pembelian hingga 50 persen dan kebanyakan konsumen pesan dalam rangka acara atau even seperti ulang tahun. 

"Proses pembuatan bolu karakter ini paling tidak 3 hari sebelum terima order. Karena ada karakter tertentu yang sulit dibuat," singkatnya. 

Lanjut Rina, ia menekuni kreasi kue-kue dengan tema unik sejak baru dua tahun terakhir. Menurut pemilik toko di Jalan R Suprapto ini, customer bisa request tema bolu karakter sesuai keinginan.

"Penting pewarnaannya cocok, rasanya juga lezat dan yang terpenting outlet kita juga sudah mendapatkan label MUI jadi aman. Bolu karakter bahan gula ini hanya bertahan tiga hari dalam kulkas, lewat dari situ cake bisa jamuran," tutupnya. 

Share

Ads