loader

Presiden Jokowi: Dunia Krisis Energi, Peluang Bagi Komoditas Sawit

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - “Akhir-akhir ini mulai terjadi di beberapa negara Eropa dan China krisis energi yang semuanya tidak terduga. Tapi kita diuntungkan karena harga komoditas naik, saya kira daerah yang memiliki kelapa sawit atau batu bara senang semuanya,” kata Jokowi dalam Peresmian Pembukaan Apkasi Otonomi Expo Tahun 2021, Rabu (20/10).

Jokowi menambahkan daerah yang memiliki nikel hingga tembaga juga ikut senang sebab ekonomi di daerah tersebut memiliki komoditas yang nilainya akan merangkak naik.

Ia pun mengatakan ekonomi harus mulai diaktifkan kembali pasca dihantam pandemi Covid-19. Menurutnya dunia global kini dipenuhi dengan keraguan dan ketidakpastian.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi menyambut baik penyelenggaraan expo yang diadakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI). Jokowi berharap kegiatan ini dapat menggerakkan ekonomi daerah ke depan.

Ia pun menegaskan pemerintah antardaerah harus saling bekerja sama dalam bidang perdagangan.

“Sekaligus ekspor kita ke negara lain termasuk perluasan pasar ekspor baru dan jangan lupa pasar dalam negeri yang sangat potensial karena penduduk kita 270 juta,” ujarnya.

Indonesia adalah negara penghasil minyak sawit terbesar yakni sebanyak 43,5 juta ton pada 2019. Indonesia juga masuk dalam jajaran negara penghasil batu bara terbesar saat ini.

Share

Ads