loader

Tarik Minat Investor, Herman Deru: Ubah Mindset dan Layanan

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Menurut HD masuknya investasi itu tentu akan memberikan profit bagi daerah, karena itu Ia tak bosan mengingatkan jajarannya untuk melakukan transformasi di berbagai bidang terutama bidang pelayanan. 

"Kalau bisa dipermudah kenapa dipersulit dan panjangnya birokrasi ini juga harus kita kurangi," jelasnya. 

Selain melakukan transformasi pelayanan,  Ia juga menilai perlu dilakukan transformasi mindset agar mulai dari daerah terkecil yakni desa, kelurahan hingga kecamatan dan kota ubah jangan semata berorientasi pada PAD saja tapi harus mulai memikirkan perputaran ekonomi di sekitar yang bisa dikembangkan. 

"Karena itu kita jangan hanya memberikan informasi peluang saat investor datang saja, tapi memang difasilitasi secara sejak awal," tambahnya. 

Menurutnya HD banyak cerita industri besar harus pindah karena hal-hal kecil, termasuk karakter buruh juga pemerintah daerah. Selain itu mahalnya harga komoditas dan upah dan  juga menjadi masalah klasik yang sering ditemui. Hal ini kata HD harus menjadi perhatian pemangku kebiijakan di daerah agar para investor tertarik menanamkan investasi. 

"Melalui forum inilah kita harap dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi kemajuan investasi Sumsel," tambahnya. 

Sementara itu terkait forum bisnis yang digelar ini, Herman Deru mengatakan bahwa penyusunan strategi penanaman modal di Provinsi Sumsel harus sejalan dengan maksud dan tujuan yang tertuang pada pasal 1 ayat (1) Undang-Undanf Nomor 11 Tahun 2020 juga harus tetap mengedepankan isu penting terkait penanaman modal yaitu penyusunan strategi inbestasi di daerah yang IPRO ( investment project ready to offer). 

Sementara itu Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI diwakili Direktur Perencanaan Infrastruktur, Moris Nuami mengatakan detail IPRO yang telah digagas Pemprov Sumsel merupakan suatu langkah yang cukup maju. Karena ini dapat menjadi refrensi dan acuan bagi calon investor di bidang proyek yang sudah disiapkan IPRO nya. 

Menurut Moris investasi merupakan hal yang sangat oenting dan dipeelulan terutama dalam menyiapkan lapangan pekerjaan bagi angkatan baru. 

Maka dari itu pertemuan seperti ini perly menjadi perhatian semua pihak tak terkecuali Sumsel. 

"Pemprov Sumsel memiliki potensi ekonomi banyak, SDA terbarukan ada Bukit Asam, Pertamina dan perkebunan sawit. Potensi-potensi ini perlu dioptimalkan," tambahnya. 

Share

Ads