loader

Bisa Anda Coba, Ini 3 Cara Eliminasi Tanaman Sawit yang Tak Produktif

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Berikut 3 langka melakukan eliminasi terhadap pokok pohon sawit yang dapat menjadi rujukan. Perusahaan perkebunan sering menggunakan cara ini dan petani kelapa sawit mandiri juga dapat melakukan cara ini. 

Ke-3 cara eliminasi tanaman sawit yang tak produktif adalah sebagai berikut:

1. Gunakan Natrium Arsenit.

Dengan memanfaatkan Natrium Arsenit untuk mematikan tanaman sawit yang tidak produktif. Dimana petani harus membuat lubang memakai bor pada batang kelapa sawit yang dengan arah miring ke bawah sampai menyentuh bagian inti batang. 

Setelah itu, isi lubang tersebut menggunakan Natrium Arsenit dengan dosis 20 cc per pohon. Kemudian tutup kembali lubang dengan menyumpalnya memakai serpihan kayu bekas bor, atau menggunakan tanah untuk menutup lubang sampai benar-benar tertutup. 

Hal yang harus diperhatikan jangan pernah mengkonsumsi bagian dari batang yang sudah diberikan Natrium Arsenit karena mengandung racun yang sangat tinggi. 

Atau petani juga bisa melakukan eliminasi dengan membuat racun dari herbisida yang dicampurkan dengan dosisi 250 cc herbisida dan 10 liter air, untuk cara tetap sama hanya larutan racun saja yang berbeda. 

2. Menginfus akar dengan racun.

Kemudian petani juga dapat meracuni sawit dengan cara menginfus akar dengan racun. Herbisida berjenis garlon isi kedalam plastik es lilin dengan 2 sendok makan garlon lalu tambahkan air sampai memenuhi setengah volume plastik.

Selanjutnya potong akar kelapa sawit yang masih hidup sebanyak 3 sampai 4 akar. Segera saja masukkan akar sawit yang masih basah ini ke dalam kantong plastik tadi, lalu ikat dengan tali rafia, maka secara perlahan pohon sawit akan mati. 

3. Cara Mekanik Menebang Sawit

Terakhir adalah cara mekanik yakni petani bisa melakukan eliminasi secara memotong pohon kelapa sawit menggunakan alat potong. Dan setelah dipotong habis barulah bongkol diberikan larutan E4 agar cepat terurai oleh dekomposer. 

Demikian 3 cara yang perlu jadi perhatian dan pertimbangan petani mandiri kelapa sawit ketika ingin mengeliminasi pokok sawit yang tidak produktif. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi rujukan petani kelapa sawit. 

Share

Ads