loader

Sejarah Baru, 10 Presiden Federasi Serikat Buruh Sawit Disambut di IPOC 2023

Foto

BALI, GLOBALPLANET - International Palm Oil Confrence (IPOC) adalah konferensi sawit internasional tahunan yang digagas oleh GAPKI. Sebagai organisasi pengusaha, GAPKI sudah melaksakansakan IPOC sejak tahun 2004, artinya sudah 19 tahun. 

Selama 18 tahun sebelumnya, para peserta konfrensi adalah eksekutif dan pebisnis sawit dari ratusan negara. Belum pernah dihadiri pimpinan buruh apalagi dalam jumlah besar.

Sejarah baru dan strategis dimulai dalam IPOC 2023. Sebanyak 10 Presiden Federasi Serikat Buruh Nasional hadir dan disambut khusus. "We also welcome our bipartite parter, 10 national leaders of labour union under Palm Oil Labour Union Network JAPBUSI. With strong support of International Labour Organisation (ILO), we also proudly announce our recent historic milestone to establish a social dialogue forum called JAGA SAWITAN. This is a joint initiative and movement of GAPKI and Labour Union Network to implement decent work and responsible labour practice towards Indonesia sustainable palm oil," ujar Edy Martono, Ketua GAPKI dalam sambutan berbahasa Inggris saat pembukaan konferensi.

Buruh dan isu buruh adalah hal penting dan strategis dalam industri sawit. Secara umum dalam kurun waktu lama, relasi bipartit pengusaha dan buruh diwarnai hubungan dengan tensi tinggi. Hal ini tidak terlepas dari sejarah, persepsi dan proses dialog yang macet. 

GAPKI dan Jaringan Serikat Buruh Sawit JAPBUSI memulai sejarah baru. Berkat dukungan penuh organisasi buruh dunia ILO, berhasil terbentuk forum dialog sosial bipartit bernama JAGA SAWITAN. "Kita sudah bekerjasama dengan ILO dan Serikat Buruh sejak tahun 2016. Forum JAGA SAWITAN menjadi salah satu pencapaian yang kami banggakan bersama antara GAPKI dan Jejaring Buruh JAPBUSI," ujar Sumarjono Saragih, Ketua GAPKI Bidang Pengembangan SDM. 

"Untuk kali pertama dalam sejarah IPOC, secara khusus kita mengundang pimpinan buruh untuk hadir di IPOC 2023. Mereka adalah mitra dan bagian penting dari industri sawit.Keberlanjutan dan masa depan sawit nasional juga ada di tangan mereka. Oleh karena itu mereka patut hadir dan menyimak dinamika sawit dari para pembicara dunia," lanjut Sumarjono Saragih, figur pengusaha yang konsisten mempromosikan pendekatan dialog dalam menata perburuhan sawit nasional. 

Pimpinan serikat buruh mengucapkan terimakasih telah disebut khusus dalam sambutan Ketua Gapki. "Terima kasih kepada GAPKI yang telah mengundang kami dan menyambut khusus di acara IPOC 2023. Sebuah tonggak baru dan penting dalam perburuhan sawit Indonesia. Para tokoh buruh nasional dan eksekutif industri sawit duduk dan hadir dalam satu konfrensi sawit berskala internasional dan paling berpengaruh di dunia. Ini tidak terlepas dari proses dialog yang konsiten kami lakukan bersama GAPKI," ujar Nursanna Marpaung, Presiden Federasi Hukatan/Sekretaris Eksekutif JAPBUSI. 

Hal senada diungkapkan oleh Presiden Federasi KAMIPARHO Supardi, "Kami menghargai pedekatan GAPKI dalam membangun hubungan dengan Serikat Buruh. Dialog sosial yang terbuka terbukti menumbuhkan saling percaya dan fundasi penting dalam membangun kerja sama. Mengundang pimpinan buruh hadir di IPOC 2023 adalah bukti komitmen tinggi GAPKI dalam membangun hubungan bipartit yang setara."

Share

Ads