loader

Kemeriahan Workshop UKM Berbasis Sawit dan Sawit Fest di Palembang

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Workshop UKM Berbasis Sawit dengan tema "Muda Bekarya” di Palembang berlangsung dengan meriah. Kegiatan bertujuan mendorong kemajuan UKM berbasis sawit.

Kegiatan gelaran Pemuda Tani HKTI OKU bekerja sama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Kegiatan ini diselenggarakan pada Jumat 15 Maret 2024. 

Keseruan kegiatan ini dimeriahkan dengan rangkaian Sawit Fest dihibur band lokal Palembang dan juga games seru yang membuat kegiatan semakin meriah. Kegiatan ini juga terasa lengkap dengan kehadiran generasi milenial dan Gen Z, pelaku UMKM serta organisasi pemuda sebagai peserta kegiatan. 

Tujuan penyelenggaraan yaitu untuk melihat peluang dan tantangan UKM berbasis sawit.

“Sawit itu bukan hanya tentang minyak saja yang dihasilkan tapi banyak produk turunan seperti detergen, skincare, dan banyak lagi. Kegiatan ini kita ingin kaji dan lihat peluang usaha di produk-produk turunan sawit tersebut terkhususnya bagi anak muda, serta apa saja tantangannya kalau anak muda terjun di bisnis sawit berbasis UKMK,” tutur Dyego, Ketua HKTI OKU. 

Selain itu juga untuk mendorong peran anak muda dan semua pihak. “Kita ingin mengenalkan sawit dan produk turunan sawit serta mendorong anak muda menggunakan produk-produk tersebut atau pun sebagai pelaku usaha UKM yang berbasis sawit,” kata Dyego. 

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan, Agus Darwa mengatakan sawit memiliki banyak sekalia manfaat. Mulai dari buah, daun, lidi, sampai keakar bisa dimanfaatkan menjadi produk bernilai ekonomis. 

"Banyak sekali namun sayang kurang diminati, oleh sebab itu ini peran Pemuda Tani HKTI OKU untuk meningkatkan minat masyarakat dan pemuda guna kemajuan UKM berbasis Sawit," katanya.

Kepala Divisi UKMK BPDPKS, Helmi Muhansah menyebutkan, potensi di UKMK berbasis sawit ini cukup besar. Di kehidupan sehari-hari hampir 24 jam kita tidak terlepas dari menggunakan produk sawit.

Mulai pagi hari mandi menggunakan sabun, pasta gigi, bahan masakan sehari seperti margarine, minyak goreng sampai kembali tidur sebelumnya menggunakan Night Cream. "Itu semua menggunakan bahan baku sawit," katanya.

Guna mengedukasi dan mendorong kemajuan UKMK berbasis sawit BPDPKS bekerja sama dengan instansi dan lembaga atau organisasi terkait.

“Sumber dana BPDPKS ini bersumber dari para pengusaha - pengusaha sawit yang mengekspor produknya ke luar negeri. Dana ini harus dikembalikan untuk kegiatan yang berhubungan dengan kelapa sawit. Kami mendukung kegiatan PT HKTI OKU ini untuk kemajuan UKMK berbasis sawit,” sebutnya.

Acara ini ditutup dengan games seru dipandu panitia untuk mencairkan suasana dan dilanjutkan buka bersama. Acara ini bisa sukses diselenggarakan berkat kerja sama dengan Badan Pengelola Dana Kelapa Sawit dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Sumsel.

Share

Ads