loader

BPKP Sumsel Gelar Pasar Murah, 5 Kg Beras Dijual Rp50 Ribu

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumsel menggelar pasar murah untuk membantu warga. Sejumlah kebutuhan pokok dijual dengan harga jauh di bawah harga pasar.

Kepala Perwakilan BPKP Sumsel Sofyan Antonius menjelaskan Operasi Pasar Murah dan Bazar Ramadhan diselenggarakan puntuk menyikapi naiknya harga sejumlah komoditas pangan, sementara daya beli masyarakat menurun sehingga menjadi pemicu inflasi. 

Operasi Pasar Murah juga diselenggarakan guna memastikan kemudahan bagi masyarakat kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok sehingga harus tepat sasaran.

"Salah satu upaya konkret untuk membantu masyarakat adalah membuat titik-titik pasar murah. Tujuannya memastikan kebutuhan harga sembako yang pasti dan aman, serta menekan angka inflasi,” ucapnya dalam pernyataan disiarkan Humas Pemprov Sumsel, Selasa (26/3/2024).

Sebagai informasi kebutuhan pokok yang tersedia pada operasi pasar murah BPKP Sumsel ini di antaranya beras SPHP kantong 5 kg dijual dengan harga Rp50 ribu, bawang merah Rp3.500 per 1/4 kg, bawang putih Rp6.500 per 1/4 kg, gula pasir Rp13 ribu/kg. Cabai merah Rp5 ribu per 1/4 kg, minyak goreng Rp13 ribu/liter, telur ayam ras Rp 25 ribu/kg, daging ayam ras Rp 30 ribu/kg. Kemudian daging sapi Rp96 ribu/kg dan daging kerbau Rp80 ribu/kg.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni usai membuka pasar murah berkesempatan menyerahkan beras kepada warga yang sudah mengantre. Selanjutnya menyambangi lapak pedagang yang ramai dipenuhi masyarakat yang ingin mendapatkan kebutuhan pokok. Selain meninjau stand, Fatoni menyempatkan meninjau sejumlah ruangan dan fasilitas kantor Perwakilan BPKP Sumsel.

Hadir pula dalam operasi pasar murah BPKP Sumsel, Kepala Bulog wilayah Sumsel dan Babel Mohammad Alexander, Ketua Satgas Pangan Polda Sumsel Kombes Pol Bagus Suropratomo dan Dirut PT Jamkrida Sumsel Irwansyah.

Fatoni mengapresiasi Operasi Pasar Murah yang digelar BPKP Sumsel dan menjadi yang pertama dilakukan Kantor BPKP di Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan upaya Gerakan Inflasi Serentak se-Sumsel, Gerakan Pasar Murah se-Sumsel yang digelar Pemprov Sumsel bersama Pemkot/Pemkab se-Sumsel setiap hari Senin, Selasa dan Kamis.

Share

Ads