loader

Lahan Sawit Rakyat Muara Enim Ditanami Padi, Kementan: Wujudkan Kedaulatan Pangan

Foto
Penanaman padi gogo di lahan sawit yang peserta Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Muara Enim, Sumsel. (Foto: Kementan)

MUARA ENIM, GLOBALPLANET - Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan, Heru Tri Widarto lanjut lakukan Kick Off Penanaman Padi Gogo di Lahan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR). Setelah sebelumnya di Banten, kali ini khususnya Desa Harapan Jaya, Muara Enim, Muara Enim, Sumsel. 

“Ketahanan pangan itu cerminan keberhasilan dan simbol keberlanjutan pertanian maupun keberlanjutan ekonomi. Saya memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas baik Provinsi Sumsel maupun Kabupaten Muara Enim yang telah memulai secara nyata pelaksanaan kegiatan Kesatria. Kita berharap kedaulatan pangan itu dimulai dari Kabupaten Muara Enim ini, karena Sumatera Selatan masih bertahan menjadi provinsi dengan produksi padi tertinggi ke lima di Indonesia,” ujar Heru dikutip Kamis (28/3/2024).

Demi memenuhi kebutuhan pangan, Kementan berupaya mengoptimalkan lahan sawit dan kelapa maupun lahan perkebunan lainnya. Tak hanya menambah penghasilan bagi pekebun selama masa peremajaan sawit dan kelapa, hal ini berpotensi signifikan mengamankan stok bahan pangan terpenuhi.

Potensi integrasi padi gogo dengan kelapa sawit PSR di Sumatera Selatan seluas 44.546,94 ha, dengan potensi di Kabupaten Muara Enim mencapai 1.266 ha.

“Tentu tidak mudah, butuh dukungan semua pihak, diharapkan Dinas Kabupaten Muara Enim dapat segera mengusulkan CPCL penanaman padi gogo,” katanya.

Sejalan dengan arahan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dan Direktur Jenderal Perkebunan Andi Nur Alam Syah, agar menjaga ketahanan pangan, Kesatria ini menjadi solusi strategis atasi dampak perubahan iklim dan wujudkan kedaulatan pangan.

Share

Ads