loader

Mahasiswa KKN STISIPOL Candradimuka Sosialisasikan Aplikasi LAPOR! Melalui Seminar Kesetaraan Gender

Foto
Foto Bersama Ibu-Ibu Tim Penggerak PKK dan Mahasiswa KKN Kelompok 10 STISIPOL Candradimuka

BANYUASIN, GLOBALPLANET - Kesetaraan Gender adalah salah satu poin penting dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Hal inilah yang pada akhirnya menjadi isu yang menarik bagi mahasiswa KKN STISIPOL Candradimuka untuk diangkat dan dikaji lebih dalam melalui seminar dan program kerja KKN yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 Agustus 2023.

Seminar yang berjudul “Peningkatan Kesadaran tentang Kesetaraan Gender dan Sosialisasi Aplikasi LAPOR! di lingkungan masyarakat” ini berlangsung pada tanggal 3 Agustus 2023 pada pukul 10.00 WIB dan bertempat di KPU Pangkalan Balai. 

Seminar ini dihadiri oleh Lurah Pangkalan Balai, Bapak Hoiri, S.Ag., M.Si, Dosen Pembimbing Lapangan sekaligus pembicara yaitu Faila Sufa Marhamah, S.Hum., M.Si,  lalu  dihadiri juga sekitar 49 peserta seminar yaitu Tim Penggerak PKK Kelurahan Pangkalan Balai serta mahasiswa KKN Kelompok 10 STISIPOL Candradimuka. 

Kehadiran Tim Penggerak PKK yang notabene adalah ibu-ibu ini sangat mendukung tema mengenai kesetaraan gender ini karena ibu-ibu yang tergabung dalam PKK adalah salah satu contoh dari kesetaraan gender itu sendiri.

Menurut Ibu-ibu PKK saat sesi tanya jawab berlangsung, seminar mengenai kesetaraan gender ini belum pernah dilakukan sebelumnya, maka dari itu saat seminar berlangsung ibu-ibu PKK terlihat antusias dengan materi yang disampaikan. 

Selain menyuarakan mengenai kesetaraan gender serta isu yang banyak terjadi di masyarakat, isi dari seminar juga ingin mensosialisasikan dan mengenalkan sebuah sistem atau aplikasi yaitu LAPOR! yang dapat digunakan oleh publik untuk layanan aspirasi atau  membuat pengaduan secara online terkait permasalahan mengenai kesetaraan gender, kekerasan pada perempuan dan anak atau masalah lainnya. 

Aplikasi LAPOR! ini adalah sebuah wadah yang dibuat khusus oleh Kementerian PANRB berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015. 

Tujuannya adalah untuk mempermudah masyarakat untuk mengakses pengaduan atau layanan aspirasi tanpa perlu datang ke kantor untuk melaporkannya. Cukup dengan memanfaatkan jaringan internet. 

Maka dari itu teknologi informasi sangat beperan penting dalam hal ini, sebagai Digital Society atau masyarakat digital yang sudah tidak asing lagi dengan internet hal ini sangat membantu bagi publik.

Dengan adanya seminar yang diadakan oleh mahasiswa KKN Kelompok 10 STISIPOL Candradimuka ini, diharapkan agar kiranya masyarakat lebih aware mengenai isu mengenai kesetaraan gender, kekerasan pada anak dan perempuan serta hal-hal yang berhubungan dengan itu. 

Serta adanya aplikasi LAPOR! ini adalah salah satu cara untuk Digital Society atau masyarakat digital dapat mengakses secara cepat apabila terjadi tindakan atau ingin melaporkan pengaduan serta aspirasi kepada instansi yang dituju.

Share

Ads