loader

Colorfull Muara Enim Festival 2020 Resmi Dibuka

Foto

MUARA ENIM, GLOBALPLANET - Turut hadir Plt Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Selatan, Ir Antoni Alam, MSi, Sekretaris Daerah(Sekda) Muara Enim, H Hasanudin, Wakil Ketua Tim PKK Kabupaten Muara Enim, Hj Nurhilyah dan unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompimda), kepala dinas/kantor/bagian lingkup Pemkab Muara Enim, BUMN/BUMD dan peserta stand agro expo.

Ketua Pelaksana Agro Expo Muara Enim Festival 2020 yang juga Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Muara Enim, Ulil Amri dalam sambutannya mengatakan bahwa Agro Expo Muara Enim festival 2020 ditunjuk sebagai pelaksana yakni Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Muara Enim dan pelaksanaannya digelar dari tanggal 26-28 Februari 2020. 

"Tujuannya untuk memperkenalkan produk lokal Muara Enim baik hulu maupun hilir terutama produk pertanian. Festival ini diikuti beberapa stand OPD, Camat, BUMN/BUMD, instansi dan juga dilauncing agenda Colorfull Muara Enim festival 2020," ungkap Ulil.

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam sambutannya ngucapkan terima kasihnya atas kehadiran Gubernur Sumsel yang diwakili oleh Asisten Administrasi dan Umum Pemprov Sumsel. Dikatakan Juarsah, Agro Expo merupakan apresiasi Pemerintah Kabupaten Muara Enim sebagai salah satu kabupaten potensi pertanian untuk pengembangan tanaman pangan dan holtikultura seperti padi, kopi dan tanaman holtikultura serta pengembangan potensi pariwisata. 

"Kami juga mengembangkan potensi masyarakat di bidang pertanian dan agro expo ini untuk merangsang petanin dalam mengembangkan hasil Pertanian mealui pameran produk dan kretifitas di bidang pertanian," jelasnya.

Selain itu, terang Juarsah, agro expo ini bertujuan mengembangkan dan menumbuhkan minat kaum milenial dalam pertanian dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan menarik investor dan wisatawan terhadap potensi agro wisata di kabupaten Muara Enim. Dalam mencapai tujuan ini, peran petugas dan penyuluh pertanian dalam pencapaian swasembada pangan juga sangat penting dan kemampuan SDM ini akan ditingkatkan di masa yang akan datang.

"Tujuan swasembada disamping mencukupi kebutuhan, juga berperan dalam meningkatkan perekonomian keluarga. Diharapkan dengan adanya agro expo festival ini menjadi satu persepsi pengembangan pertanian berbasis sumber daya lokal dan Saya menghimbau semua stakeholder untuk memberikan dukungan dalam pencapaian swasembada hasil pertanian di Kabupaten Muara Enim ini," terang Juarsah.

Sementara, Gubernur Sumsel H Herman Deru melalui Asisten Administrasi dan Umum, Prof DR HM Edwar Juliartha dengan adanya kegiatan agro expo 2020 akan terbangun jaringan pelaku pertanian dalam upaya menjadikan Muara Enim dan Sumsel sebagai daerah swasembada pangan dan launching colorfull Muara Enim menjadi momentum promosi wisata Muara Enim dalam usaha memikat wisatawan untuk datang ke Nuara Enim dan promosi destinasi wsata ke luar Provinsi Sumsel. 

"Dukungan dan kerjasama sema pihak dalam menyukseskan kegiatan ini diharapkan membawa manfaat besar dalam meningkatkan kesejahteraan dan menekan angka kemiskinan dan mensukseskan visi misi Muara Enim yakni Muara Enim untuk rakyat yang Agamis, Berdayasaing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera,"kata dia.

Share

Ads