loader

Jokowi Diskon Tarif Listrik, Beban Masyarakat Berkurang

Foto

MEDAN, GLOBALPLANET - Salah satu cara yang dilakukan Jokowi adalah dengan meringankan atau memberi diskon 100 persen pembayaran tagihan listrik selama tiga bulan, terhitung untuk pembayaran bulan April hingga Juni, untuk konsumen penghina kelas 450 VA dan diskon 50 persen konsumen 900 VA.

Di mata pengamat ekonomi ekonomi Kota Medan, Gunawan Benjamin, apa yang dilakukan Jokowi merupakan sebuah stimulus bagi masyarakat dan pemerintah daerah di tengah merebaknya Covid-19.

"Kebijakan tersebut jelas akan memberikan  manfaat besar bagi masyarakat miskin agar mampu mempertahankan daya belinya," ujar Gunawan kepada Globalplanet.news, Rabu (1/4/2020).

Ia berhitung, diskon 100 persen di kelas 450 VA akan mampu menekan pengeluaran masyarakat sekitar Rp 70 ribu hingga Rp 120 ribu per bulan. 

"Artinya pembebasan tagihan listrik itu membuat masyarakat mampu memenuhi kebutuhan dasarnya untuk jangka waktu tertentu. Belum lagi program keluarga harapan, serta bantuan tunai buat tenaga kerja informal," kata pengajar di sejumlah kampus di Medan ini. 

Pln

Share