loader

Kain Kawai Kanduk, Kain Khas OKU Selatan yang Terus Dipromosikan

Foto

OKU SELATAN, GLOBALPLANET.news - Ketua TP PKK Sumsel, Feby Deru, mengatakan, pihaknya akan mempromosikan dan membantu meningkatkan produktivas ekonomi para pengrajin serta pelaku UMKM, terlebih saat pandemi COVID-19 yang berakibat terpuruknya perekonomian.

"Kain kawai kanduk ini merupakan kain khas  OKU Selatan. Saya memang ingin mengangkat dan mempromosikan kain khas kawai kanduk ini agar menjadi produk unggulan," ujarnya, Sabtu (14/11/2020).

Dia menyebut 17 kabupaten/kota di Sumsel memiliki ciri khas dan produk unggulan masing-masing. Karena itu dia berupaya mengangkat keberadaan produk daerah tersebut agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. "Saya berupaya untuk mempromosikannya ke skala yang lebih luas," tambah Feby.

Lebih lanjut Feby mengatakan, dirinya telah melihat langsung ke pusat pengrajin kawai kanduk, kegiatab itu bukanlah tanpa alasan melainkan sebagai bentuk dukungan morilnya kepada para pengrajin agar terus menjaga warisan nenek moyang supaya tak punah ditelan zaman.

"Kain kawai kanduk ini perlu kita jaga. Kain indah dengan berbagai motif dan coraknya seperti aneka dedaunan, burung walet, burung merak, burung merpati, juga ada yang mencirikan 9 suku di Kabupaten OKU Selatan yang menandakan bahwa kain kawai kanduk adalah benar milik daerah ini," jelasnya.

Dari tinjauannya itu Feby mengaku dapat mengetahui kendala yang selama ini dihadapi para pengrajin. Oleh karenanya, Dekranasda Sumsel segera berupaya untuk memberikan fasilitas bantuan berupa pengadaan bahan baku kain dan benang emas bagi para pengrajin.

Pembina pengrajin kain kawai kanduk, Isyana Loneta Popo Ali akrab disapa Isye telah mendaftarkan kain kawai kanduk sebagai HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). 

"Telah kami daftarkan sebagai HAKI, untuk mencegah di kemudian hari agar tidak diklaim sebagai produk khas daerah lain," ujarnya.

Ditambahkan Isye, kain kawai kanduk tak hanya berfungsi sebagai busana pelengkap pada acara tertentu saja. "Namun dapat digunakan sebagai dekorasi hiasan rumah, seperti sarung bantalan kursi, taplak meja, dan hiasan dinding," tandas dia.

 

Share

Ads