Berita :: GLOBALPLANET.news

12 Februari 2020 18:22:37 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Ratusan warga yang kuasai lahan secara ilegal di halau Kepolisian. Hampir empat bulan, ratusan warga dari berbagai lokasi di kecamatan Alang Alang Lebar Palembang yang melakukan berbagai aktivitas untuk menguasai lahan PT. Timur Jaya Gruop, akhirnya berhasil dihalau ratusan aparat gabungan, Rabu (12/02/2020).

Dengan tegas kapolrestabes Kombes Anom  Setyaji meminta ratusan warga untuk keluar dari lahan yang mereka kuasai tampa hak "Saya Kapolrestabes Palembang Kombes Anom Setyaji meminta orang orang yang tidak berkepentingan untuk keluar, "tegasnya. 

Setelah ada imbauan tersebut,  berangsur angsur petugas bergerak menghalau ratusan warga, sedangkan tiga alat berat langsung bergerak meratakan lahan. 

Dalam tugasnya polisi juga mengamankan satu orang karena melawan petugas dan mendapati 8 senjata tajam berbagai jenis dari lokasi kejadian. 

Kaporestabas mengatakan, petugas yang datang terdari polisi TNI dan Pol PP serta dari kelurahan dan kecamatan dalam rangka ciptakan kondisi aman serta penegakan hukum dan sesuai kebutuhan masyarakat.

Saat akan berdialok dengan perwakilan warga, Kapolrestabes meminta anggotanya mengutamakan dialok dan persuasif  dan hindari kekerasan namun tetap bertindak tegas. 

Camat Alang Alang Lebar  Sariansyah Ismail mengatakan, lahan seluas 32 hektar tersebutbmilik PT.Timur Jaya Gruop, sementara warga yang tidak ada bukti yang syah kepemilikan sudah sekitar empat bulan melakukan aktivitas."Terkesan  mau menguasai," katanya. 

Reporter : Rio Siregar Editor : M.Rohali 275