loader

Dua Titik di Palembang Diusulkan untuk Pengembangan dengan Konsep LVC

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Untuk diketahui, LVC adalah suatu pendekatan dimana pemerintah menciptakan meningkatnya nilai suatu lahan melalui berbagai program yang meningkatkan aksesibilitas dari suatu lahan atau melalui regulasi.

Setelah nilai dari suatu lahan berhasil ditingkatkan, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk memperoleh hasil dari nilai tambah yang dihasilkan lahan tersebut.

Asisten Deputi Sistem Transportasi sekaligus Asisten Deputi Sumber Daya Air, Menko Perekonomian RI, menjelas Tulus Hutagalung menjelaskan dari konsep LVC ini adalah meningkatnya pendapatan Pemkot Palembang baik dari pajak maupun sumber pendapatan daerah lainnya.

"Ini adalah upaya kebijakan untuk meningkatkan nilai jual tanah dikawasan tertentu. Pemanfaatan ekonomi yang maksimal akan didapat ketika adanya peningkatan kegiatan ekonomi," ujar Tulus usai Rapat bersama Sekretaris Daerah kota Palembang dan OPD terkait di Rumah Dinas Wali kota, Jumat (28/2/2020).

Ia melanjutkan, dari rapat tersebut Pemerintah Kota mengusulkan konsep LVC di area Transit Oriented Development (TOD) di bawah LRT stasiun Jembatan Ampera dan revitalisasi Sungai Sekanak-Lambidaro.

"Setelah konsep ini di MoU dan dijalankan, maka pemerintah kota dapat membuka potensi kawasan tersebut dengan membentuk BUMD atau Badan Usaha yang bekerja sama dengan pihak swasta," jelasnya.

Sehingga nantinya pemerintah kota memiliki pendapatan tambahan, masih kata dia, konsep ini juga menjadi penyeimbang pilar ekonomi saat ini.

"Di samping ekspor, kita bisa mendorong kegiatan investasi dan konsumsi agar perekonomian tetap terjaga," tandasnya.

Sementara, Sekretaris Daerah Kota Palembang Drs Ratu Dewa mengatakan, secara konkretnya pemkot ingin meningkatkan nilai jual objek tanah di kawasan tersebut.

"Butuh waktu sedikit panjang dan beberapa kajian tapi kita arahnya ke Sungai Sekanak-Lambidaro untuk menghidupkan akses transportasi masyarakat," singkatnya.

Kepala Bappeda Litbang Kota Palembang Harrey Hadi menambahkan, TOD LRT dan Sekanak diusulkan karena merupakan kawasan paling berpotensi untuk menjadi kawasan ekonomi terpadu.

Kajian LVC tengah diusulkan ia berharap usulan tersebut diakomodir Menko Perekonomian RI. "Di bawah LRT Ampera dekat Sungai Musi itu tempat terpadu transportasi darat ada, transportasi air ada, LRT, ditambah dekat pasar 16 lokasinya. Rencananya lahan seluas 400 meter ditata, akan menjadi kawasan potensial," kata Harry.

Share

Ads