Berita :: GLOBALPLANET.news

Suasana sukuran atas terlaksananya pengeboran minyak dan gas di Kecamatan Lembak, kabupaten Muara Enim. (Foto: Hardoko Susanto).

07 Juli 2020 15:28:03 WIB

PRABUMULIH, GLOBALPLANET - Dalam Upaya pencarian dan peningkatan produksi energi, Pertamina EP kembali melakukan pengeboran sumur. Adapun lokasi sumur yang dinamai LBK INF 2 ini berada di Desa Lembak, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muara Enim. Dimana, sosialisasi dan syukuran tajak sumur LBK INF-2 dilaksanakan pada Selasa 7 Juli 2020.

Pengeboran yang direncanakan hingga kedalaman akhir sumur 1.718 meter, ini menargetkan produksi minyak 250 barel per hari (BOPD) dan gas 0.5 Juta standard Kaki Kubik per hari (MMSCFD). Tim teknis perusahaan melaksanakan pemboran dari lapisan Talang Akar ini secara directional drilling (Bor miring) dengan perkiraan total 49 hari kerja.

Setelah pengeboran selesai dan sukses, nantinya pengelolaan sumur akan dilanjutkan oleh unit di Asset 2 yaitu Prabumulih Field. Commander man/ pimpinan pengeboran, Piter Benson menyampaikan, dalam acara syukuran dan sosialisasi di lokasi sumur, bahwa pengeboran kali ini dilaksankan dengan prosedur yang lebih ketat terutama pengaplikasian protokol kesehatan.

“Selama pemboran kita ke depankan protokol kesehatan ketat, semoga proses pemboran berjalan lancar dan menghasilkan," ujarnya.

Karena, hasil produksi akan bermanfaat bagi perusahaan. Lalu, masyarakat dan negara. “Produksi dihasilkan bisa menambah target produksi perusahaan,” tambahnya.

Prabumulih Field Manager (FM), Ndirga Andri Sisworo dalam sambutannya berharap, agar pengeboran dapat berjalan lancar dan menghasilkan. "Dengan pemboran di sumur LBK-2 INF, setidak bisa menambah produksi minyak sebesar 250 BOPD dan 0,5 MMSCF bagi perusahaan,” ujarnya.

Ungkap Ndirga, untuk memenuhi kebutuhan energi negara mohon dukungan semua stakeholder, termasuk Pemerintah Kecamatan dan masyarakat Lembak.

“Kita harapkan, pemboran ini berjalan lancar dan aman. Tanpa kendal dan halangan,” harapnya.

Sementara itu, Sekcam Lembak, Didi Haryanto mengungkapkan, adanya pemboran sumur ini di wilayah Lembak.

“Pemkab bisa mendapatkan PAD, dan bermanfaat bagi masyarakat Lembak khususnya,” terangnya.

Lanjudnya, meminta warga untuk mendukung proses pemboran tersebut agar berjalan lancar dan menghasilkan. “Dan, berdampak bagi masyarakat Lembak,” tukasnya.

Pada kesempatan itu, PEP Asset 2 juga memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat, termasuk bantuan sembako dan lainnya. Sebagai bentuk kepedulian dan juga perhatian kepada masyarakat di wilayah kerjanya.

Turut hadir dalam acara syukuran dan sosiali tajak Kepala Desa Lembak, Kapolsek Lembak Iptu Desi Azhari SH MSi, Asmen Goverment dan PR PEP Asset 2 Setyo Puji Hartono, masyarakat Lembak dan tamu serta undangan lainnya.

Reporter : Hardoko Susanto Editor : M.Rohali 150