loader

Manfaatkan Limbah Tol, Swadaya Perbaiki Jalan Penghubung Desa dan Kecamatan

Foto

OKI, GLOBALPLANET. - Dikomandoi anggota DRPD Kabupaten OKI dari partai Hanura, Irawansyah, Camat SP Padang, Syawal Harahap dan dibantu tokoh masyarakat Desa Pematang Buluran, Roman. 

Terlihat para pemimpin desa tersebut yakni Kades Awal Terusan, Alamsyah Fajri, Kades Pematang Kijang, Alamsyah dan Kades Padang Bulan, melakukan perbaikan jalan dengan menggunakan limbah bahan material dari pembangunan jalan tol Kayuagung - Palembang.

Anggota DPRD OKI, Irawansyah ketika diwawancara, Sabtu (16/1/2021) mengatakan bahwa, perbaikan jalan penghubung 5 desa yang berada di Kecamatan SP Padang dan Jejawi ini karena kondisinya mendesak lantaran lubang sudah sangat parah.

"Penimbunan jalan berlubang atas swadaya dari para pemimpin desa yang berada diwilayah Kijang, dengan memanfaatkan limbah aspal bekas pembangunan jalan tol Kayuagung - Palembang," jelasnya.

Limbah tersebut merupakan aspal yang tidak terpakai lagi yang berada di tanah milik tokoh masyarakat Desa Pematang Buluran yakni, Roman.

"Limbah aspal di angkut menggunakan kendaraan swadaya dari Kades Awal Terusan, Pematang Kijang dan Padang Bulan, dibantu para pemuda desa untuk melakukan pengerjaan penimbunan pada jalan tersebut," ungkapnya.

Diketahui bahwa jalan ini merupakan jalan penghubung antara Kecamatan SP Padang dan Jejawi, yang didalam wilayahnya terdapat 6 desa yang terhubung pada jalan ini, yakni Desa Awal Terusan, Pematang Buluran, Rawang Besar, Pematang Kijang, Padang Bulan dan Desa Danau Ceper.

"Bahkan jalan ini juga terhubung ke Kabupaten Ogan Ilir (OI) yakni ke Kecamatan Rantau Panjang dan Pemulutan," jelas putra daerah Kijang ini.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Pematang Buluran, Roman, mengungkapkan bahwa hal ini merupakan ide dari anggota DPRD OKI, Irawansyah yang mengutarakannya kepada kami untuk melakukan perbaikan jalan ini sembari menunggu perbaikan dari Pemkab OKI.

"Menurut Irawansyah, sebelum dilakukannya perbaikan karena kondisi jalan telah mendesak, alangka baiknya kita memanfaatkan limbah aspal yang berada di tanah milik saya," ujar Roman menirukan apa yang disampaikan oleh Irawansyah.

Masih katanya, Pemkab OKI telah berjanji akan melakukan perbaikan pada jalan ini, ditambah lagi dengan diperkuatnya janji yang disampaikan oleh Bupati OKI, H. Iskandar, SE, bahwa dirinya akan membangun jalan ini jika kembali menjadi Bupati OKI.

"Hal tersebut telah dipenuhi oleh masyarakat dan masyarakat menagih janji dari Bupati OKI, H. Iskandar, SE, apa lagi diwilayah Kecamatan SP Padang dan Jejawi, H. Iskandar, SE menang telak dan disini dirinya bahkan suaranya memang mencapai 80 persen," beber Eks Kades Pematang Buluran ini. 

 

 

Share

Ads