loader

MUI Palembang Persilahkan Tarawih Berjamaah di Masjid Tahun Ini

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Ketua MUI Kota Palembang Saim Marhadan meminta kepada setiap pengelola Masjid untuk mengatur dan mempersiapkan penegakkan protokol kesehatan selama Ramadhan 2021.

"Pada prinsipnya apa bedanya dengan Salat Jumat, kan sekarang juga sudah dibolehkan. Berarti Tarawih berjamaah di Masjid juga pasti boleh. Meski kita ini kondisinya belum bisa dikatakan bebas dari Covid-19, MUI memastikan pelaksanaan shalat tarawih berjemaah bisa dilakukan," ungkap Saim Marhadan, Selasa (30/3/2021).

Selain shalat tarawih berjamaah, lanjut dia, ibadah lain seperti shalat Jumat juga sudah diperbolehkan. "Masjid kan sekarang juga sudah dibuka asalkan setiap Masjid patuh prokes, shalat berjamaah diperbolehkan. Seperti pengecek suhu, jaga jarak, siapkan hand sanitizer, dan mengingatkan jamaah mengenakan masker, " katanya.

Ia berharap pada momen ramadhan 2021, status tingkat risiko penyebaran Covid-19 di Palembang mengalami penurunan penularan di tengah publik. Sehingga umat muslim bisa menjalankan ibadah dengan khusyuk dan tenang.

"Masyarakat juga saya imbau bawa sejadah masing-masing, biar lebih aman, " singkatnya.

Terpisah, Ketua Yayasan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo Palembang, Kgs Ahmad Sarnubi menambahkan, pihaknya telah menyiapkan penerapan prokes menjelang bulan puasa menyambut pelaksanaan ibadah salat tarawih berjamaah.

Meminimalisir penyebaran Covid-19 pihaknya membatasi jemaah masuk, yakni sekitar ada 10.000 jemaah saja dari kapasitas masjid 20.000 jemaah.

"Silakan masyarakat yang ingin menjalankan salat tarawih, karena kami juga meminta bantuan Pemkot untuk rutin menyemprotkan desinfektan mengurangi penyebaran virus," katanya.

Share

Ads