loader

RI Ekspor Cangkang Sawit Sebesar 170 M ke Jepang

Foto

Pada awal November, PT Prima Khatulistiwa Sinergi juga mengamankan transaksi sebanyak 11 ribu ton untuk memenuhi kontrak pengiriman per bulan secara kontinu ke pasar Jepang.

Pada awal Desember 2021 juga akan dikirim cangkang sawit sebanyak 20 ribu ton oleh PT Jatim Propertindo untuk memenuhi kontrak serupa dengan perusahaan di Jepang.

Negara tujuan ekspor utama produk cangkang sawit Indonesia adalah Jepang dengan pangsa sebesar 84,5% diikuti Thailand, Singapura, Korea Selatan, dan India.

Jepang diperkirakan akan terus menjadi pasar utama untuk komoditas tersebut.

Target tersebut sejalan dengan kebijakan energi Jepang yang menetapkan 24% pemenuhan energi di Jepang pada 2030 harus berasal dari energi baru dan terbarukan.

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag Marolop Nainggolan menyampaikan, Kementerian Perdagangan akan terus mendorong peningkatan ekspor cangkang sawit ke Jepang lewat kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan.

Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan bersama Japan External Trade Organization juga berupaya mempertahankan dan meningkatkan ekspor cangkang sawit ke Jepang.

Share

Ads