loader

Dorong Ekspor PKE Ke New Zealand, Karantina Sumsel bersama Enam UPT Karantina Wilayah Sumatera Laksanakan FGD

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Dorong Ekspor PKE Ke New Zealand, Karantina Sumsel menghadirkan tim dari enam (6) UPT Karantina Wilayah Sumatera yaitu Karantina Sumatera Utara, Karantina Riau, Karantina Jambi, Karantina Kepulauan Bangka Belitung dan Karantina Lampung Laksanakan Focus Group Discussion standarisasi pelayanan Karantina dalam mendorong ekspor PKE tujuan New Zealand, di Hotel Santika Radial, Palembang (8/10/2024).

Acara dibuka langsung oleh Direktur Standar Karantina Tumbuhan AM Adnan yang sekaligus menjadi Narasumber didampingi Rizki pada FGD ini.

Turut Hadir Kepala Karantina Jambi Sudiwan Situmorang, Kepala Karantina Kepulauan Bangka Belitung Hasim dan Kepala Karantina Lampung Donni Muksydayan, tim karantina Sumatera Utara, Bengkulu, Pekanbaru dan 17 pengguna jasa yang bergerak dibidang PKE.

Kepala Karantina Sumsel, Kostan Manalu mengatakan, dengan FGD ini diharapkan seluruh perusahaan yang bergerak di bidang PKE dapat melaksanakan standar yang sama sesuai dengan aturan ekspor ke New Zealand.

"Semua proses ekspor harus berjalan dengan sistem dan standar baku. Dengan demikian, kita dapat meminimalisir hambatan dan meningkatkan daya saing produk kita di pasar internasional," ujar Direktur Standar Karantina Tumbuhan AM Adnan.

Lanjutnya, Acara ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi yang konkret dalam peningkatan kualitas PKE dan volume ekspor PKE dari Indonesia, khususnya ke New Zealand.

"Kolaborasi yang baik antar instansi Karantina dan pelaku usaha, diharapkan ekspor PKE ke New Zealand dapat meningkat dan berkontribusi positif bagi perekonomian daerah dan nasional," tutupnya.

Share

Ads