loader

Catat Rekor MURI, Menko Perekonomian Bagikan 50 Ribu Telur Ayam

Foto

KLATEN, GLOBALPLANET.news - Pembagian tersebut sebagai bentuk kampanye makan telur guna meningkatkan protein masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut dibukukan dalam Rekor MURI dengan kategori penyerahan telur ayam secara massal.

“Pemerintah berkomitmen untuk mendorong masyarakat meningkatkan konsumsi ayam dan telur. Ayam dan telur merupakan salah satu solusi untuk persoalan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan imunitas tubuh terutama dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini,” ujar Airlangga dalam sambutannya di Jatinom seperti dilansir dari Antara, Sabtu (19/6).

Menko Airlangga menyampaikan bahwa telur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan seperti zat gizi tinggi, serta memiliki protein berkualitas tinggi.

Menurutnya, telur bukan hanya mudah diperoleh dan mudah diolah, tapi termasuk bahan makanan yang sarat akan nutrisi. Telur bahkan layak diklasifikasikan sebagai superfood atau makanan super karena kandungan zat gizinya.

Selain mengampanyekan makan telur, Airlangga juga menyampaikan pentingnya industri unggas bagi perekonomian Indonesia.

“Saat ini, industri unggas rakyat memiliki kontribusi nyata bagi sektor perekonomian dengan menyerap tenaga kerja sekitar 2 juta orang,” kata Airlangga.

Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintah berkomitmen untuk terus mengupayakan kesejahteraan peternak salah satunya melalui pengembangan korporasi perunggasan untuk meningkatkan kinerja industri unggas rakyat. Pemerintah juga memperhatikan tantangan yang dialami oleh industri perunggasan.

“Pemerintah akan mendorong industri perunggasan dan mendorong program-program percontohan. Berbagai tantangan di industri ini seperti fluktuasi harga jagung dan sistem peternakan harus segera diselesaikan,” tutur Airlangga.

Melalui kampanye makan telur tersebut, pemerintah berharap bisa meningkatkan konsumsi telur ayam di masyarakat yang tentunya akan mendukung pemulihan ekonomi Indonesia.

Sementara, politisi Golkar yang juga anggota Komisi VI DPR, Singgih Januratmoko mengatakan kunjungan kerja tersebut, sekaligus membagikan bantuan sosial berupa paket ayam dan telur. Bansos tersebut merupakan kerja sama DPP Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) dan BNI. 

“Acara ini salah satunya merupakan pemecahan rekor MURI, pembagian 50.000 paket berisi ayam dan telur. Penyerahan simbolik diserahkan kepada 500 warga Jatinom," ujar Singgih. 

Singgih mengatakan, pemecahan rekor Muri tersebut merupakan salah satu upaya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (AH), mendorong konsumsi protein hewani dalam kondisi wabah. 

Hal tersebut juga ditujukan untuk meningkatkan daya serap produksi unggas nasional, "Pemecahan rekor MURI tersebut juga menunjukkan kepedulian Menko Airlangga Hartarto terhadap masalah perunggasan dengan kampanye konsumsi ayam dan telur," ujar Singgih. 

DPP Pinsar yang menaungi peternak mandiri berharap, kepedulian dan dukungan Menko Perekonomian tersebut mampu menggerakkan ekonomi, sehingga rakyat sehat dan ekonomi bangkit.

“Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjadi ikon bagi masyarakat perunggasan dan bagi keluarga Indonesia pada umumnya, dalam kepedulian terhadap pemenuhan gizi keluarga," kata Singgih.

Singgih berterima kasih atas dukungan BNI dan masyarakat Jatinom, yang membantu kesuksesan acara penyaluran bantuan sosial sekaligus pemecahan rekor MURI. Selain itu juga dilakukan penandatangan kerja sama antara BNI dan DPC Pinsar Klaten untuk penguatan modal usaha bagi peternak.

Share

Ads