loader

Mencari Sosok Ideal Pj Gubernur DKI Jakarta, Jimly Sebut Satu Nama Ini

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta akan berakhir pada Oktober 2022 mendatang. Lalu, siapa sosok ideal menjadi penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta?

Banyak nama yang beredar terutama diucapkan beberapa tokoh di sejumlah media. Salah satunya yang juga disebutkan Bahtiar, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri.

Pakar Hukum Tata Negara Prof Dr Jimly Assidiqi SH menyebutkan, syarat yang perlu dimiliki oleh Pj Gubernur DKI mendatang harus memiliki kamampuan komunikasi politik yang baik.

Menurutnya, dari beberapa figur pada bursa Pj Gubernur DKI yang sedang mengemuka saat ini, ada Bahtiar Dirjen Polpum Kemendagri figur yang ideal sebagai PJ Gubernur DKI Oktober mendatang.

“Ini sesuai dengan pengalaman, beliau (Bahtiar) pernah sebagai Direktur Politik, Direktur Ormas, Kapuspen Kemendagri. Kemendagri merupakan “modal” yang baik untuk membangun komunikasi yang humanis dengan seluruh pemangku kepentingan di DKI Jakarta,” tutur mantan Ketua MK 2003 – 2008 dan juga penulis 76 buku produktif salah satunya judul Green & Blue Contitusion itu, Sabtu (3/09/2022).

Mantan Ketua DKPP 2012-2017 itu juga berpendapat, tantangan yang dihadapi DKI Jakarta ke depan begitu kompleks. Terlebih, DKI Jakarta merupakan barometer politik nasional, maka stabilitas politik perlu dijaga pada masa transisi DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Daerah Khusus Ekonomi.

Share

Ads