loader

Produksi Pertanian Sumsel Meningkat, Gubernur Terima Penghargaan dari Presiden

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Keberhasilan Sumsel dalam meningkatkan produksi pertanian mendapatkan apresiasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Diketahui, Sumsel masuk lima besar terbaik se-Indonesia dalam bidang pembangunan pertanian sebagaimana yang telah ditetapkan Kementerian Pertanian.

Penghargaan Adhikarya Naraya Pembangunan Pertanian dari Pesiden Jokowi  tersebut diserahkan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo  kepada Gubernur Herman Deru yang diwakili Wagub Sumsel Mawardi Yahya, di Istana Wakil Presiden, Senin (14/8/2023).

Penghargaan Adhikarya Naraya Pembangunan Pertanian merupakan apresiasi atas kontribusi dan keberhasilan dalam mendukung atrategi pencapaian peningkatan produksi pertanian.

Provinsi Sumsel masuk lima besar terbaik dalam bidang pembangunan pertanian sebagaimana yang telah ditetapkan Kementerian Pertanian. "Kita optimistis tahun selanjutnya Sumsel berada di posisi tiga besar se Indonesia,"  ucap Wagub  H Mawardi Yahya.

Wapres KH Ma’ruf Amin memberikan pujian kepada semua kepala daerah termasuk Gubernur Sumsel Herman Deru yang sukses dalam pembangunan pertanian dan pelepasan ekspor komoditas pertanian.

Sektor pertanian pada tataran makro lanjut Wapres, telah tumbuh positif secara konsisten. Produksi beras pada tahun 2022 mencapai 31,5 juta ton dan ekspor pertanian pada tahun yang sama berkisar Rp658 triliun. 

Hal itu juga diikuti  dengan peningkatan kesejahteraan petani, dimana Indeks Nilai Tukar Petani (NTP) tercatat meningkat yang merupakan cerminan kesejahteraan petani yang terus membaik.

Pada kesempatan itu Wapres memberikan tiga catatan untuk sektor pertanian. Pertama, tingkatkan pertumbuhan sektor pertanian sebelum masa pandemi. Kedua, perlu upaya terintegrasi dari pusat hingga daerah untuk peningkatan produktivitas pertanian, khususnya tanaman pangan.

Ketiga, terus lakukan pendampingan UMKM sektor pertanian agar dapat naik kelas untuk ekspor produk, akses pasar langsung, serta peningkatan kualitas produk dan konsisten produksi.

Share

Ads