loader

Profil Singkat Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, Putra Terbaik Provinsi Tetangga

Foto
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni bersama Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa. (Foto: Ist/@ratudewa)

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Agus Fatoni Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri resmi dilantik menjadi Pj Gubernur Sumsel di Jakarta, Senin (2/10/2023). Penting bagi Wong Sumsel untuk mengenal Agus Fatoni yang akan memimpin Sumsel satu tahun ke depan.

Pelantikan berlangsung lancar dan dihadiri sejumlah pejabat termasuk Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa. Hal itu dapat dilihat pada postingan Instagramnya yang dilihat pada Senin (2/10/2023) pagi.

"Alhamdulillah dapat menghadiri dan menyaksikan langsung pelantikan pagi ini. Selamat dan sukses atas pelantikan dan pengambilan sumpah Bapak Dr Drs H Agus Fatoni Msi sebagai penjabat Gubernur Sumatera Selatan," tulis Ratu Dewa di @ratudewa.

Nama Dr Agus Fatoni memang belum terlalu familiar bagi masyarakat Sumatera Selatan. Namun Agus Fatoni sudah sering melakukan kunjungan ke Sumsel.

Agus Fatoni merupakan pria kelahiran Bahuga, Way Kanan, Lampung pada 6 Juni 1972. Agus Fatoni menyelesaikan pendidikannya dari TK hingga SMA di Lampung.

Agus Fatoni menyelesaikan sekolah dasar di SDN 1 Sukabumi, Bahuga, Kabupaten Waykanan, tahun 1985.

Kemudian melanjutkan ke SMPN Bahuga, Kabupaten Waykanan dan lulus tahun 1988.

Melanjutkan sekolah di SMAN 1 tanjungkarang, Bandar Lampung, tahun 1991.

Setelah lulus dari SMA, Fatoni mendaftar menjadi praja Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) dan dia berhasil menyelesaikan program D3 di STPDN Jatinangor tahun 1994.

Sementara untuk pendidikan perguruan tinggi, Agus Fatoni menyelesaikan pendidkan S1 di Institut Ilmu Pemerintahan (IIP)  1999, S2 Ilmu Pemerintahan UNPAD 2003 dan S3 Ilmu Pemerintahan UNPAD 2009.

Riwayat Jabatan Agus Fatoni

- Kepala Staf Pribadi Mendagri

- Kepala Subdit Dana Bagi Hasil Pajak, Migas, dan Cukai pada Direktorat Fasilitasi Dana Perimbangan Kemendagri

- Kepala Seksi Provinsi Papua dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Subdit Otonomi Khusus Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri.

- Pjs Gubernur Sulawesi Utara

- Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri

- Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Keuangan Kemendagri

- Kepala Biro Administrasi Pimpinan Kemendagri

- Sekretaris Kopri Unit Kemendagri

- Kepala Bagian Protokol Kemendagri

- Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri

Share

Ads