loader

Menteri LHK Rapat di OKI, Bahas Tindakan Tegas ke Pelaku Karhutla?

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menggelar Rapat Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di DAOPS Manggala Agni Kayuagung Kabupaten OKI, Minggu (12/11/2023). OKI merupakan kabupaten dengan banyak perusahaan perkebunan, memiliki lahan gambut yang luas dan rawan karhutla.

Rapat dihadiri Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni bersama instansi terkait. Menteri LHK Siti Nurbaya mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumsel, Forkopimda, Bupati/Wali Kota serta stakeholder lainnya sudah bekerja keras menangani karhutla.

"Kita juga menganalisis di wilayah Sumsel secara keseluruhan, tahun 2023  jumlah dari titik panas menjadi titik api 80 persen atau sekitar 10.090 titik dibanding dengan tahun 2019 jumlahnya 29.000 titik terus tahun  2015 jumlahnya 71.000 titik api," katanya.

Selain itu, terkait perusahan yang melanggar aturan sudah ada langkah-langkah oleh Ditjen Gakkum. "Saya tadi di laporan juga oleh Pemda bahwa Pemda juga mengambil langkah-langkah sanksi hukum. Kita bisa paralel tidak ada masalah," ungkapnya.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengatakan dalam upaya penanganan karhutla, Pemprov Sumsel bersama Forkopimda termasuk bupati/wali lota serta stakeholder yang lain terus bersinergi melakukan penanganan karhutla.

Fatoni menyebutkan berbagai langkah yang dilakukan, salah satunya  dengan melakukan pergeseran anggaran untuk penanganan karhutla di tingkat kabupaten/kota.

Share

Ads