loader

ILO Perpanjang Dukungan untuk Sawit, Puji Kolaborasi Buruh dan Pengusaha Sawit JAGA SAWITAN

Foto

ORGANISASI - Buruh Dunia, ILO (International Labour Organisation) melanjutkan dan memperluas program sawit yang sudah dimulai sejak 2016. ILO melihat sejumlah kemajuan signifikan dan perbaikan kondisi perburuhan sawit nasional.

Secara khusus memuji terbentuknya wadah JAGA SAWITAN (Jaringan Ketenagakerjaan untuk Sawit Berkelanjutan) yang secara resmi dideklarasikan pada Pebruari 2023.

JAGA SAWITAN adalah wadah bersama bipartit buruh JAPBUSI (Jaringan Serikat Pekerja dan Buruh Sawit Indonesia) dan pengusaha GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia). Lembaga bipartit ini sangat strategis dalam hubungan industrial ketenagakerjaan sebagaimana diamanatkan aturan ketenagakerjaan Indonesia.

Kolaborasi GAPKI dan Serikat Buruh juga mendapat apresiasi dari sejumlah pihak. "Saya terkesan mendengar ada kerja sama antara GAPKI dan 10 Serikat Buruh membentuk forum dialog sosial bersama guna mendorong pekerjaan layak yang bernama JAGA SAWITAN. Kesepakatan komitmen bersama tersebut layak diancungi jempol. Biasanya forum terbentuk dalam satu kepentingan saja. Pengusaha dengan pengusaha saja. Atau buruh dengan buruh saja. Tapi kali ini pengusaha dan buruh kelapa sawirlt yang notabene sarat kepentingan berbeda," ujar Hasanuddin, Pj Gubernur Sumut, dalam sambutan saat pembentukan JAGA SAWITAN Cabang Sumatera Utara di Medan (12/2023).

County Director ILO Indonesia, Michiko Miyamoto dalam Dialog Nasional JAGA SAWITAN di Bali (12/2023) dengan bangga menyebutkan bahwa wadah bipartit ini merupakan pencapaian bersejarah bahkan pertama dan terbesar yang pernah ada dalam sejarah perjalanan ILO. "It is a unique and historic milestone of sectoral social dialogue between Labour Union JAPBUSI and Employer Organisation GAPKI. The first and biggest collaborative model ever known. This strong bipartite collaboration will help this country to implement decent work towards Indonesia Sustainable Palm Oil," ujar Michiko Miyamoto dalam sambutannya.

Melihat kemajuan dan dukungan berbagai pihak, ILO akan melanjutkan bahkan memperluas cakupan program dalam waktu 3 tahun fase pertama melalui "ILO Global Project on Strenghtening Global Supply Chain Social Compliance in Indonesia Palm Oil". Hal ini secara resmi disampaikan dalam Rapat Kerja Nasional 2024 JAGA SAWITAN di Kantor ILO Jakarta, 26 Januari 2024. 

Rapat Kerja Nasional dipimpin Presidensi JAGA SAWITAN, Nursanna Marpaung. Karena ada kemiripan, model kepemimpinan wadah ini mengadopsi model G20. Presidensi akan dijabat bergantian setiap tahun. Presidensi tahun pertama dipercayakan kepada perwakilan buruh, Nursanna Marpaung.

Rapat kerja yang dihadiri lengkap pimpinan serikat buruh anggota JAPBUSI, GAPKI dan ILO menyepakati beberapa program kerja: membentuk beberapa grup kerja (working grup) untuk K3, Jender dan Anak, Dialog Sosial dan Pelatihan Pengembangan. Ada juga program memperkenalkan wadah JAGA SAWITAN kepada pihak yang lebih luas, daerah, nasional dan global. Semua ini dalam rangka mewujudkan sawit Indonesia berkelanjutan melalui praktek perburuhan yang sesuai dengan aturan perundangan dan standar Internasional.

 

 

 

Sumarjono Saragih: 

- Ketua GAPKI Bidang Pengembangan SDM

- Chairman Founder WISPO (Worker Initiatives for Sustainable Palm Oil)

Share

Ads