loader

Sawit untuk Masa Depan Bangsa Indonesia, Refleksi 9 Tahun BPDPKS

Foto
Refleksi 9 tahun BPDKS. (Foto: Kementan)

JAKARTA, GLOBALPLANET - Refleksi Sembilan Tahun Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) berlangsung di Jakarta, Senin (10/6). Dirjen Perkebunan, Andi Nur Alam Syah menyampaikan pujian dan sejumlah harapan memiju perkelapasawitan Indonesia yang lebih baik. 

“BPDPKS selamat ulang tahun yang ke 9, mudah-mudahan semakin maju dan bisa melayani para pekebun kita. Program-program yang menjadi tanggung jawab BPDPKS bisa dijalankan dengan baik, sehingga kelapa sawit tetap menjadi masa depan buat bangsa Indonesia, dan kehadiran BPDPKS selalu berarti bagi pekebun kelapa sawit kita,” ujarnya dikutip Rabu (12/6/2024).

Direktur Utama BPDPKS, Eddy Abdurrachman mengatakan, kita harus tingkatkan kinerja dan tata kelola serta penguatan SDM kelapa sawit yang lebih baik. Tak dapat dipungkiri, kelapa sawit saat ini menyerap lebih banyak permintaan dalam negeri. Untuk itu diciptakan domestik market guna memenuhi kebutuhan dalam negeri seperti Biofuel atau Biodiesel. 

BPDPKS ditugaskan mendanai perkebunan sawit rakyat, khususnya yang sudah waktunya direplanting (peremajaan). BPDPKS juga berkolaborasi dengan pemerintah termasuk Kementerian Pertanian Ditjen Perkebunan sekaligus akademisi maupun pihak terkait lainnya, seperti Program Beasiswa dan berbagai pelatihan, sehingga diharapkan dapat bermanfaat bagi pekebun dalam mengelola kebunnya dengan baik serta terpenuhinya kebutuhan biofuel maupun biodiesel.

Eddy menambahkan, kita juga harus bisa mengembangkan dan meningkatkan hilirisasi kelapa sawit, jadi tak hanya CPO yang diekspor, namun juga yang lainnya.

Ketua Dewan Pengawas BPDPKS Evita Legowo mengatakan, biodiesel itu justru mengurangi impor solar dan juga lebih bersih. Butuh sinergi bersama, baik dari sisi pemerintah, pekebun, industri maupun swasta. Hal ini perlu dilakukan bersama-sama, dari semua pihak terkait, biodiesel bisa 

Share

Ads