loader

Nikson Nababan Tanam Perdana Bibit Jagung

Foto

SUMUT, GLOBALPLANET - Sebelum melakukan aksi tanam perdana, Nikson Nababan menyerahkan bantuan benih bibit jagung sebanyak 154.500 kg ke para l petani di Hutaraja.

Dalam keterangan akun pribadinya di Facebook, Nikson menyebutkan saat acara itu didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian SEY Pasaribu dan beberapa pimpinan OPD, Perusda Pertanian, para pemerhati pertanian serta Kepala UPTD Balai Benih Padi Gabe Hutaraja, Ratna Gultom.

"Saya menyerahkan bantuan kepada kepada 477 kelompok tani secara simbolis kepada masing-masing perwakilan kelompok tani dari 11 kecamatan," kata Nikson.

Ia mengingatkan, pertanian sebagai garda terdepan ketahanan pangan harus mampu Improvisasi dan kreatifitas.

Selain itu, kata dia, seluruh petugas pertanian harus banyak inovasi dan bergerak ke bawah agar para petani kita semakin giat berupaya. Dalam masa wabah corona saat ini kita harus persiapkan ketahanan pangan dan juga ternak.

"Apa yang bisa kita kerjakan pada area kita, harus kita upayakan demi penyediaan terutama yang terkait dengan sembilan bahan pokok," Nikson menambahkan.

Ia mrlihat semangat seluruh komponen sudah ada dan harus disikapi dengan perencanaan pertanian yang baik untuk pengembangan pertanian masyarakat 

Ia meminta para petugas PPL agar semakin kerja keras agar peningkatan semakin signifikan, kelompok tani juga harus turut beternak.

"Saya juga menjelaskan bagaimana strategi pengembangan pertanian dan peternakan dengan perencanaan yang bagus, lokasi, musim tanam dan pola tanam akan didukung penuh dengan mekanisasi," kata Nikson.

Termasuk, ujarnya, mempertimbangkan agar ketika musim panen suatu komoditi pertanian mengalami harga anjlok, kita perkirakan dengan baik agar harga tidak merugikan petani. 

Apabila perencanaan ini sudah baik, ia yakin hal ini pasti akan didukung mekanisasi. Masyarakat wajib mendukung karena sesuai dengan visi misi Pemerintah.

"Harus ada perencanaan yang matang agar dana yang kita gelontorkan tidak sia-sia. Masyarakat dan Pemerintah harus bergandengan tangan untuk Tapanuli Utara. Mari kita bermimpi dan dilanjutkan dengan berusaha, pasti bisa tercapai apabila ada keinginan," tegas Nikson Nababan.

Sebagai informasi, bantuan benih jagung ini sebanyak 154.500 kg kepada 477 kelompok tani dengan luas lahan 10.300 hektar. Varietas benih jagung ini adalah Betras 1 dan HJ21 Agritan. Aneka Tanaman Provinsi Sumatera Utara.

Share

Ads