loader

Sinar Mas Raih Dua Penghargaan TOP CSR Awards 2020

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Dalam keterangan resmi, Kamis (30/7/2020), Agus Purnomo selaku Managing Director, Sustainability and Strategic Stakeholder Engagement menyebutkan, Sinar Mas berhasil memenangkan dua penghargaan sekaligus yakni TOP CSR Awards 2020 #Star 5 dan TOP Leader on CSR Commitment 2020.

Pihaknya dinilai berhasil menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) secara konsisten selama bertahun-tahun yang sejalan dengan kebijakan keberlanjutan perusahaan yaitu Kebijakan Sosial dan Lingkungan GAR (KSLG). "Salah satu bagian yang menjadi sorotan utama dalam penilaian adalah kemampuan perusahaan menyelaraskan strategi bisnis dan kegiatan CSR perusahaan," kata Agus.

Ia menyebutkan, salah satu program CSR yang selaras yaitu upaya mitigasi bencana kebakaran hutan dan lahan melalui program Desa Makmur Peduli Api (DMPA).

Sebagai informasi, kriteria TOP CSR Awards 2020 menyasar tiga aspek utama, yakni aspek kepatuhan (compliance) terhadap ISO 26000 tentang Social Responsibility, aspek Good Corporate Governance (GCG), dan aspek keselerasan program CSR dengan strategi serta daya saing bisnis perusahaan.

Agus menyebutkan, salah satu program yang selaras dengan strategi bisnis Sinar Mas adalah program DMPA yang diikuti oleh 32 desa di Sumatera dan Kalimantan.

Di DMPA, program yang memiliki titik fokus pada tiga bagian utama yaitu pencegahan dan penanggulangan kebakaran, ketahanan pangan, dan konservasi.

Ketiga fokus itu diklaim telah terbukti membantu mengurangi titik-titik api di area operasional perusahaan maupun pada area-area masyarakat di sekitar kebun, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Terlebih saat menghadapi krisis pandemi Covid-19 dan musim kemarau saat ini, Perusahaan percaya bahwa upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan hanya dapat dicapai jika kebutuhan ekonomi dan pangan masyarakat setempat juga terpenuhi,” ungkap Agus Purnomo.

Selain dalam bidang ekonomi dan pemberdayaan masyarakat, Agus mengatakan Sinar Mas juga fokus pada bidang kesehatan dengan mengoperasikan lebih dari 140 klinik di seluruh Indonesia yang sebagian besar berlokasi di pelosok tanah air.

Lalu, dalam bidang pendidikan, Sinar Mas membekali 2.160 tenaga pendidik berdedikasi tinggi yang mengajar di pedalaman dengan berbagai ilmu dan pelatihan.

Tak hanya memastikan produksi sawit yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, Agus yakin penghargaan TOP CSR Awards 2020 tentu akan semakin memotivasi Sinar Mas untuk terus membantu meningkatkan kehidupan masyarakat di sekitar area perusahaan beroperasi.

“Dampak positif yang signifikan dari pengembangan CSR Sinar Mas Agribusiness and Food yaitu menurunnya angka kebakaran lahan, kebun, dan hutan serta meningkatnya pengetahuan masyarakat untuk memanfaatkan bahan organik sebagai pengganti bahan kimia,” tegas Agus.

 

Share

Ads