loader

PMKM Prima Sumut Perjuangkan UMKM Ikut PRSU

Foto

MEDAN, GLOBALPLANET - Menyikapi hal itu, Ketua DPD Pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah (PMKM) Prima Sumut, Drs HM Subandi, beserta seluruh pengurus PMKM Sumut bertekad dan berjuang keras agar pelaku UMKM dapat diakomodir di PRSU atau Sumut Fair nanti.

"Saya dan seluruh pengurus PMKM Prima Sumut telah menemui Pak Amir Makmur Nasution ST beserta jajarannya selaku Direktur Utama PT PPSU yang merupakan BUMD Pemprov Sumut dan pengelola PRSU atau yang kini dinamakan Sumut Fair," ujar HM Subandi kepada sejumlah media di Medan, Sabtu (8/8/2020).

Kata dia, pertemuan dengan pihak PT PPSU digelar pada hari Jumat (7/8/2020). "Seluruh pengurus PMKM Prima Sumut ikut sebagai bukti kita fokus memperjuangkan UMKM di Sumut," kata Subandi.

Anggota DPRD Sumut ini menyebutkan, dalam diskusi dengan pihak PT PPSU, PMKM Prima sangat berharap agar Sumut Fair menjadi pasar rakyat yang modern, dinamis, dan mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari jurang krisis akibat tekanan ekonomi yang muncul karena mewabahnya pandemi Covid-19 ini.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) mengungkapkan fakta bahwa posisi pelaku UMKM di masa pandemi ini sangat sulit dan harus berjuang keras.

PMKM Prima Sumut, ujar Subandi, telah melihat dan mengumpulkan fakta-fakta tentang kondisi UMKM di Sumut yang terdera krisis akibat pandemi Covid-19.

"Jujur saja, kami membahas problem UMKM di tempat-tempat tongkrongan yang justru dikembangkan pelaku UMKM yang ajaibnya, para pelakunya berusia muda atau milenial. Tempat-tempat tongkrongan ini menjadi hits dan trendi di Medan," ujar Subandi.

Ia lalu menyebutkan sejumlah tempat hits di kota Medan yang menjadi tongkrongan dan tempat diskusi pengurus DPD Sumut PMKM Prima Indonesia yakni Resto Soup Satria Hotplate and Seafood Foodcourt J-Walk nomor STAN i-5 J-City, Medan Johor, lalu Warunk Tewe, Foodcourt New Pajak Kedan MMTC, dan Warung Comunity, Jalan Sisingamangaraja nomor 185 A-B.

"Pandemi Covid-19 ini jangan sampai menghancurkan tempat tongkrongan nge-hits yang dikembangkan generasi milineal pelaku UMKM kayak yang saya sebutkan tadi. Yang saya dan PMKM Prima bela itu adalah semua pelaku UMKM. Kami tidak ingin pandemi Covid-19 menggerus UMKM. Karena itu, kami berharap PT PPSU punya apresiasi terhadap UMKM," ujar mantan anggota DPRD Medan ini.

Ditanya tentang tanggapan pihak PT PPSU, Subandi mengungkapkan rasa bahagianya. "Alhamdulillah, Ternyata Pak Amir Makmur Nasution ST selaku Dirut BUMD PPSU sangat menyambut baik apa yang kami sampaikan. Kami sangat terharu," kata Subandi.Kata Subandi, Amir Makmur Nasution bahkan meminta PMKM Prima Sumut untuk bersama-sama membuat dan memfasilitasi pasar rakyat untuk UMKM.

Share

Ads