loader

Biden - Kamala Diyakini Membawa Pemulihan Ekonomi, Komoditi Sawit dan Karet akan Turut Menikmati

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Kondisi negara yang masih belum pulih dari pandemi Covid-19 menjadi tantangan berat Biden selama empat tahun ke depan. Dengan kepemimpinan Biden-Kemala diharapkan akan membawa pemulihan ekonomi lebih baik.

“Semangat pemulihan ekonomi tersebut tentu akan berdampak pada komoditi hasil dari Sumsel, seperti komoditi sawit, karet dan lain-lain akan turut menikmati dampak yang baik,” kata Ketua Apindo Sumsel, Sumarjono Saragih, Minggu (8/11/2020).

Kemenangan Biden-Kemala lanjutnya, ada semangat menyatukan bukan permusuhan. Mengembalikan dunia yang lebih damai dan bersatu, terlebih dalam menangani pandemi covid-19 dan dampak ekonominya.

“Semangat globalisasi dan kerjasama ekonomi multilateral akan jadi harapan baru pemulihan ekonomi. Demikian pula upaya perdamaian dan isu perubahan iklim akan lebih progresif,” teranganya.

Indonesia, sebagai negara demokarasi dengan muslim terbesar akan tetap jadi mitra penting Amerika. Baik untuk ekonomi maupun agenda lainnya.

“Biden-Kamala memberi agenda dan perhatian terhadap perubahan iklim. Indonesia harus cerdas memanfatkan agenda ini. Jangan sampai kita malah jadi korban. Kita harus proaktif dan progresif dalam agenda ini,” tegasnya.

Di masa Trump, isu perubahan iklim tidak begitu disoal. Hanya Eropa yang agresif bicara iklim. Di masa Biden ini akan beda. Amerika dan Eropa akan sama agresifnya. “Kita harus antisipasi dan bergerak cepat,” tambahnya.

Share

Ads