loader

Sumut Berpotensi Deflasi Karena Cabai

Foto

MEDAN, GLOBALPLANET. - "Pekan lalu, harga cabai merah sekitar Rp 40.000 hingga Rp 45.000 per kilogram. Kini malah dijual Rp 25.000 sampai Rp 30.000 per kilogram di sejumlah pasar tradisional di Medan sejumlah kabupaten dan kota di Sumut," kata pengamat ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin, kepada media, Jumat (19/2/2021).

Sementara itu, ia menyebutkan harga cabai rawit sepekan lalu yang sempat bertengger di kisaran Rp 60.000 hingga Rp 70.000 per kg, saat ini dijual di kisaran Rp 40.000 hingga Rp 45.000 per kg. 

Ia menghitung, ada penurunan tajam harga komoditas cabai hingga 50% dalam sepekan. "Jika bertahan sampai akhir bulan ini, maka cabai akan membuat Sumut deflasi sepanjang Pebruari," kata Gunawan Benjamin.

Ia mendapat informasi kalau penurunan harga cabai ini, baik cabai rawit maupun cabai merah, adalah karena melimpahnya stok di tingkat petani cabai di tiga provinsi, yakni Aceh, Sumut, dan Sumbar.

Tetapi Gunawan melihat penurunan harga cabai merah masih terkategori ideal atau wajar. Sebaliknya dengan harga cabai rawit yang masih terkategori mahal.

"Melimpahnya pasokan cabai membuat harga di pasar bisa dikendalikan," kata Gunawan. Indikasi penurunan harga cabai mulai terlihat akhir bulan Januari.

Share

Ads