loader

Sumsel 10 Besar Penghasil Jagung, Target 2021 Produksi 1 Juta Ton

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Wakil  Gubernur Sumsel Ir H Mawardi Yahya didampingi  Kadis TPH Provinsi Sumsel Bambang Pramono usai mengikuti secara virtual panen raya jagung nusantara bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebutkan, untuk wilayah Sumsel ada sejumlah Kabupaten/ kota yang menjadi sentra tanaman jagung masing-masing Kabupaten  Musi Rawas, OKU Timur  dan Banyuasin.

“Ketiga daerah tersebut baru saja melakukan masa panen jagung,” ucap Mawardi.

Untuk luasan panen jagung Sumsel hingga 28 September 112 hektare atau setara 707.546 ton jagung pipilan kering. Karena itu Sumsel optimistis akan mencapai target  1 juta ton jagung pipilan kering  hingga akhir tahun 2021. Mengingat sebelumnya di tahun 2020 produksi jagung Sumsel  mencapai 927 ribu ton.

"Kita masih ada waktu 3 bulan untuk panen lagi, mudah-mudahan dengan produktivitas panen jagung Sumsel yang berada di atas nasional yaitu 6,7 ton per hektar, hal ini dapat tercapai," katanya. 

Sementara Mentan Syahrul Yasin Limpo dari Jawa Timur mengapresiasi para kepala  daerah yang konsentrasi  dengan upaya peningkatan produksi pertanian. Bahkan berdasarkan catatan, pertanian menjadi sektor yang paling tangguh di masa pandemi dan banyak menyerap  lapangan kerja baru.

“Saya apresiasi para kepala daerah yang peduli pada pertanian. Sektor ini juga  paling banyak membuka lapanga pekerjaan," ucap Mentan.

Share

Ads