loader

Kembangkan Potensi Desa, Pemuda Pulau Negara Budi Daya Ikan di Sungai Komering

Foto
Pemuda Desa Pulau Negara Kecamatan Buay Pemuka Peliung, OKU Timur memanfaatkan perairan Sungai Komering membuat keramba ikan. (Foto: Ist)

OKUT, GLOBALPLANET - Pemuda Desa Pulau Negara Kecamatan Buay Pemuka Peliung, OKU Timur memanfaatkan Sungai Komering untuk budi daya ikan patin dan mujair. Budi daya ikan menggunakan kerambah yang dibuat dari bambu dan kayu serta ditambah drum plastik. 

Fahmi Ketua Kelompok Keramba Desa Pulau Negara, Kecamatan Buay Pemuka Peliung, OKU Timur, mengatakan, membuat keramba ini ide dari beberapa masyarakat setempat yang selama ini bingung mencari kerja dan tidak ada mata pencaharian yang tetap. Melihat kondisi Sungai Komering yang tidak pernah kering akhirnya lahir ide untuk membuat keramba dengan harapan dapat menjadi sumber perekonomian baru bagi masyarakat pesisir Sungai Komering.

"Memang untuk usaha baru sini kendalanya di permodalan. Dengan modal yang kecil sehingga pembuatan dilakukan secara bertahap. Rencananya keramba ini akan kita isi ikan patin dan mujair," katanya, Senin (8/11/2021).

Share

Ads