loader

Kelapa Sawit Jadi Penyumbang Terbesar Devisa RI, Ini Nominalnya

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Banyak orang tidak tahu jika kelapa sawit jadi penyumbang terbesar devisa negara. Devisa merupakan alat dalam pembayaran atau perdagangan internasional. Devisa bisa juga disebut dengan foreign exchange.

Melansir berbagai sumber, tidak semua alat tukar atau mata uang bisa menjadi devisa suatu negara. Namun, sejauh ini kelapa sawit menyumbang devisa negara terbesar sepanjang 2020 yakni sebesar 25,60 miliar dolar Amerika atau sekitar Rp358 triliun. Dengan besar devisa itu, industri sawit juga telah membuat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus 21,70 miliar dolar pada 2020.Kelapa sawit bahkan jadi penyumbang devisa negara terbesar dalam 20 tahun.

Mendatangkan devisa terbesar bagi negara, kelapa sawit seperti dua sisi mata uang berbeda. Di satu sisi kelapa sawit adalah penggerak ekonomi warga. Namun, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa penggundulan hutan untuk pembukaan lahan kelapa sawit memicu perubahan iklim secara global. Di samping itu, perkebunan kelapa sawit juga berakibat buruk pada keanekaragaman hayati dan memicu kerentanan alam karena turunnya kualitas lahan dan munculnya hama dan penyakit.

Share

Ads