loader

Mendorong KDEKS Percepat Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah 

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Sumsel dalam upaya percepatan dan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Sumsel.

“Saya yakin ekonomi dan keuangan syariah di wilayah Sumsel akan semakin berkembang karena masyarakat akan merasakan langsung nilai kebaikan dan kemanfaatan dari ekonomi syariah,” ucap Fatoni, Rabu (19/12/2023).

Fatoni juga mengapresiasi langkah strategis yang dilakukan KDEKS dalam percepatan sertifikasi halal bagi produk  UMKM sebagai upaya meningkatkan kualitas usaha dan kepercayaan konsumen sehingga produk lebih bisa  berdaya saing di pasaran. Hingga nantinya akan bermuara pada pengentasan kemiskinan.

“Program KDEKS memberikan sumbangsih nyata dalam upaya penyelesaian berbagai persoalan pembangunan, seperti pengentasan kemiskinan,” katanya.

Direktur KDEKS Sumsel Kholid Mawardi menyampaikan sejumlah program unggulan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah daerah. Di antaranya menurunkan angka kemiskinan dengan optimalisasi pengelolaan dana sosial syariah dan mendukung usaha mikro dan kecil, ketahanan pangan daerah, percepatan sertifikasi halal, pembangunan kawasan halal bagi UMKM dan industri lainnya.

“Kita juga mendorong sektor pariwisata ramah muslim termasuk kuliner dan makanan minuman halal, mendorong dukungan permodalan dari sektor jasa keuangan syariah baik dari institusi keuangan mikro syariah, perbankan dan non-perbankan syariah,” ucap Kholid.

Share

Ads