loader

Polrestabes Palembang Siapkan Ruang Riksa Khusus Difabel 

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Irvan Prawira Satya Putra melalui KBO Reskrim Polrestabes Palembang, Ipda Masrizal mengatakan jadi ruang pemeriksaan difabel ini bisa digunakan baik itu untuk korban maupun pelaku/tersangka. 

"Untuk perlakuan difabel ini sifatnya khusus, itu merupakan layanan cepat kepolisian yang sesuai dengan program kerja 100 hari Kapolri," kata Masrizal.

Lanjut Masrizal, polisi juga harus melayani di segala lini membantu masyarakat, baik itu yang menyandang difabel, memberikan layanan hukum, "Di saat mereka datang, mereka tentu membutuhkan suatu alat bantu misalnya kursi roda, tongkat, dan lainnya. Jadi akan kita fasilitasi dan akan disediakan di sini," jelasnya.

Jadi untuk penyandang cacat yang selama ini ingin melapor, biasanya di tempat pelayanan-pelayanan misalnya di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), membuat SKCK Sidik Jari, SIM.

"Untuk menjalankan perintah pucuk pimpinan ter atas Kapolri dalam kerja 100 hari yang salah satunya ini, makanya kita membangun ruangan khusus difabel yang melayani khusus penyandang cacat. Apalagi kehadirannya harus bisa diambil keterangan untuk proses lidik dan sidik," urai Masrizal.

Sementara itu, untuk orang bisu sendiri itu ada pengecualian. Biasanya akan di panggilkan orang ahli khusus dan nanti ke depan akan disiapkan. 

"Sementara kita bertahap terlebih dahulu, sesuai kemampuan dan kondisi yang ada dulu. Selama ini sudah kita siapkan yang cacat, mereka masih bisa diambil keterangan  secara langsung itu juga sifat pelayanannya khusus," katanya.

Ruangan Pemeriksaan difabel sendiri sifatnya untuk pelayanan yang berhubungan dengan penyelidikan Sat Reskrim. “Saat melakukan proses lidik sidik untuk kepastian hukum saat diambil keterangan, tidak semuanya orang normal dan lapisan masyarakat bermacam - macam  kondisi fisiknya, maka dari itu terlebih dulu kita siapkan ruangan difabel ini," jelasnya.

Diharapkan dengan adanya ruang pemeriksaan difabel sendiri pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal.

Share

Ads