loader

Palembang Terapkan PSBB Seperti DKI? Ini Kata Harno - Finda

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Wali Kota Palembang H Harnojoyo mengatakan, meski jumlah positif corona terus bertambah sejauh ini pihaknya belum mengambil langkah taktis seperti penerapan PSBB untuk meredam penularan virus Corona tidak meluas.

"Kita belum mengajukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) seperti yang dilakukan DKI dan beberapa kota. Karena untuk mengajukan itu ada kriteria-kriteria dan atas persetujuan Kementerian Kesehatan," ujar Harnojoyo usai mengikuti rapat Video Conference bersama sejumlah Menteri dan gugus tugas COVID-19, Jumat (17/4/2020).

Meski kebijakan tersebut belum diterapkan di Palembang, Harnojoyo menegaskan, pihaknya tetap memprioritaskan penyaluran bantuan sembako kepada warganya melalui gugus tugas.

"Untuk sekarang ini belum berlaku, ke depan kita lihat lagi. Saat ini coba fokus dulu memberikan bantuan dan beberapa stimulus ke tiap kecamatan di Palembang. Kita berharap Corona ini segera berakhir," tegasnya.

Secara terpisah Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, mengatakan Palembang akan siap melakukan PSBB jika wabah telah meluas. "Jika sudah menerima izin Kemenkes kita siap menerapkan PSBB," ujar Fitri usai memberikan bantuan sembako dan penyemprotan disenfektan di Jalan Candi Welan Lorong Purbo Kelurahan 24 Ilir.

Senada dengan yang disampaikan dengan Wali Kota Palembang. Menurutnya yang paling harus diperhatikan adalah, persiapan dan pencukupan sembako untuk warga selama PSBB itu diberlakukan. "Mulai dari kesiapan stok sembako hingga pendistribusiannya harus dikaji dengan sangat matang," singkatnya.

Namun, ia berharap, virus yang kini terus menjangkiti agar segera berlalu, terlebih tidak lama lagi umat muslim di seluruh belahan dunia akan merayakan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. "Kita harap ini tidak terjadi, mari kita bermunajat bersama kepada Allah SWT agar virus ini segera hilang," tutupnya.

Share

Ads