loader

BPIP Percaya Sumsel Tempat Ujicoba Tumbuhkan Nilai Pancasila Lewat Permainan Tradisional

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Kepala Subdirektorat Pengendalian III BPIP Leo Efriansa meyampaikan bahwa Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional merupakan salah satu metode yang digunakan dalam penanaman nilai-nilai Pancasila. Permainan rakyat di samping memberikan hiburan dan sarana untuk mewariskan nilai-nilai yang diyakini kebenarannya dalam kehidupan masyarakat.

BPIP meyampaikan bahwa Sumsel direncanakan menjadi lokasi trial atau uji coba permainan Panca MaIndonesia, sebuah konsep tentang pemanfaatan dan pembudayaan nilai-nilai Pancasila melalui permainan rakyat dan olahraga tradisional.

“Melalui Panca MaIndonesia ini selain pelestarian budaya pelajar akan jauh lebih mudah memahami nilai-nilai Pancasila yang telah ada dalam kehidupan masyarakat Indonesia,” katanya

Wewakili Gubernur Sumsel H Herman Deru, Assisten I bidang Pemerintahan dan Kesra, Akhmad Najib mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi upaya BPIP dalam menjaga nilai-nilai pancasila yang ada di indonesia. "Oleh karena itu mari kita sama-sama menyatukan tujuannya adalah menjaga karena pancasila ini merupakan nilai yang harus dijunjung tinggi," katanya.

Najib berharap dengan adanya kegiatan yang akan diselenggarakan BPIP ini dapat menjadi teladan bagi masyarakat Sumsel. "Harapan saya BPIP ini dapat menjadi teladan, serta bagi masyarakat gali lah potensi yang dapat digali dari BPIP ini melalui permainan tradisional ini." harapnya.

Setelah melakukan audiensi dengan Pemprov Sumsel, Tim BPIP memiliki agenda Rapat dengan Komunitas Daerah di South Station Café. Beberapa komunitas di Sumsel yang digandeng BPIP yaitu Purna Paskibraka Indonesia ( PPI ), Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisonal Indonesia ( KPOTI ) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Share

Ads