loader

2 Pejabat Lahat Meninggal Positif Corona Usai Outbound, Pengamat: Jangan Heran Rakyat Liburan Keluar Kota

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Dua pejabat teras meninggal dunia dan dimakamkan dengan protokol kesehatan. Satu di antaranya PNS tertinggi yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat. Sekda meninggal Minggu (20/12/2020) pagi. Hasil swab test-nya positif  Covid-19.

Puluhan pejabat lain dikabarkan sakit dan dirawat di rumah sakit di Lahat dan Kota Palembang. Puluhan lainnya telah swab test beberapa hari lalu. Mereka baru usai mengikut outbound diduga bersama Bupati Lahat di Bogor, Jawa Barat.

"Secara pribadi, yang pasti saya turut berduka dan prihatin terkait dengan apa yang terjadi khususnya di Kabupaten Lahat. Sebagaimana kita sama-sama ketahui, masyarakat kita ini kan sangat patron client, artinya cenderung mencontoh apa yang dilakukan oleh pemimpinnya,"  ujar Ade Indra Chaniago, Pengamat Kebijakan Publik Sumatra Selatan, ketika dibincangi, Minggu (20/12/2020). 

Sebagai aparatur dan pejabat daerah, menurutnya harus memberikan contoh dan tauladan yang baik, bukan malah sebaliknya.

"Kadang kita ini aneh, rakyat diminta sabar, sementara aparatur kita malah sebaliknya. Ini kan pandemi, harusnya aktivitas yang ada hubungannya dengan banyak orang harus dihindari dulu. Nah kalau sudah begini ya jangan aneh kalo rakyat akhirnya mencontoh apa yang dilakukan tersebut," tegasnya.

"Prinsipnya saya sepakat soal aturan harus dipertegas. Cuma masalahnya yang terpenting itu adalah kesadaran, karna sebaik apapun aturan kalo nggak sadar maka aturan pasti akan dilanggar," tambahnya.

Share

Ads