loader

20 Terduga Teroris Jaringan JAD Ditangkap di 5 Lokasi Berbeda, 2 Diantaranya Tewas Tertembak

Foto

MAKASSAR, GLOBALPLANET.news - Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam, mengatakan, lima lokasi penangkapan itu berada di tiga kabupaten berbeda. Namun, mereka semua berasal dari satu jaringan JAD dan berafiliasi dengan ISIS.

Selain di perumahan Villa Mutiara Cluster Biru yang menyebabkan MR dan SA meningga dunia, tim gabungan Densus 88 Mabes Polri dan Polda Sulsel juga mengamankan beberapa terduga teroris di Kelurahan Sudiang Raya, Kecamatan Biringkanaya, Makassar.

Tiga lokasi penangkapan lainnya berada si Kecamatan Tallo Makassar, Kecamatan Somba Opu di Kabupaten Gowa, serta Desa Taulo, Kecamatan Alla di Kabupaten Enrekang.

"Pelaku keseluruhan berjumlah 20 orang terdiri dari 17 laki-laki dan 3 perempuan," kata Merdisyam kepada wartawan di aula Mappaoddang, Mapolda Sulsel, Kamis (7/1/2021), dilansir dari Kompas.com.

Selain MR dan SA yang tertembak dan meninggal dunia, kata dia, satu terduga teroris yang ditangkap di Villa Mutiara juga mengalami luka tembak. Dia berinisial I dan masih dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar.

Sementara itu, 17 terduga pelaku teror yang ditangkap itu berinisial Zu, RZ, MS, Na, Ma, AA, APM, Ic An, He, MFO, AU, UB, Ha, AA, RAB, serta Al.

"Hubungan dari dua pelaku yang meninggal dunia dan 18 orang yang diamankan berafiliasi pada ISIS yayasan Ar Ridho milik Ustaz Basru yang sebagai napiter. Yang bersangkutan meninggal dunia di Lapas Nusakambangan," imbuh Merdisyam.

Sebelumnya diberitakan, dua orang yang diduga teroris tewas saat ditangkap tim gabungan Densus 88 Mabes Polri bersama tim gegana Polda Sulsel dan aparat Polrestabes Makassar di Jalan Boulevard, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Rabu (6/1/2021) pagi.

Share

Ads