loader

Kalangan Tarekat Naqsabandiyah Lebih Cepat Berlebaran

Foto

MEDAN, GLOBALPLANET.news - "Di Tarekat kita, sesuai arahan Tuan Guru kita, 1 Syawal atau bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri ditetapkan jatuh pada tanggal 12 Mei nanti," tutur seorang tokoh Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah, Syekh Muda Markum, kepada para  wartawan, Senin (10/5/2021).

Ia menerangkan, jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah ini dengan menggunakan metode hisab Qamariyah. "Kalau kita menentukan 1 Syawal dimulai dari penetapan 1 Ramadhan itu. Kalau Ramadhan kan kita mulai dari hisab Qamariyah," jelas Syekh Muda.

Syekh Muda Markum menjelaskan, selain lokasi pelaksanaan sholat Ied di Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun, diperoleh kabar sholat Ied juga akan di Marendal, Medan.

"Namun yang terkait dengan pelaksanaan salat Ied di Marendal kita belum tahu dilaksanakan atau tidak. Tetapi kalau di Bandar Tinggi sudah pasti dilaksanakan. (Pelaksanaan sholat Ied -red) di Bandar Tinggi perkiraan 1500-an (jemaah)," ungkap Syekh Muda Markum.

Sebelumnya, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah di Sumatera Utara, menetapkan 12 April 2021, sebagai awal bulan suci Ramadan 1442 Hijriah.Ia menuturkan selama menjalankan ibadah di bulan Ramadan, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah, tetap mengikuti aturan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19, seperti memakai masker, menjaga jarak dan lainnya.

Share

Ads