loader

Relasi Pentingnya Partisipasi Aktif Masyarakat Menghadapi Tantangan Pemilu 2024

Foto

DALAM - Kegiatan Kunjungannya Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan (Syarief Hasan) blusukan ke salah satu Desa Jambudipa Kecamatan Warung Kondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, ia mengingatkan tentang pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam Pemilu 2024.

Diketahui, kegiatan ini dilakukan di sela-sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Cianjur. Kedatangan pimpinan MPR dari Partai Demokrat pada Rabu (24/5) malam ini diapresiasi para tokoh dan masyarakat setempat, mengingat jalur dan medan yang dilalui untuk sampai di lokasi cukup berat.

"Saya datang ingin mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada bapak dan ibu sekalian, atas kepercayaan yang diberikan kepada saya sehingga saya bisa menjadi wakil rakyat dan saat ini menjadi salah satu pimpinan sebuah lembaga tinggi negara yang memiliki kewenangan tertinggi yakni merubah dan menetapkan konstitusi negara, MPR RI. Mudah-mudahan semua kiprah saya di DPR dan MPR bisa memberikan dampak baik untuk rakyat," ujarnya dalam keterangannya, Kamis (25/5/2023).

Dalam kesempatan itu, Syarief Hasan juga mengingatkan masyarakat terkait Pemilu 2024 yang sudah di depan mata. Menurutnya, partisipasi aktif masyarakat dalam memberikan suaranya akan menentukan nasib bangsa di masa depan, apakah lebih baik atau malah menjadi lebih buruk.

"Jadi, berikanlah suara bapak dan ibu dengan bijak. Suara rakyat akan merubah keadaan bangsa secara keseluruhan. Suara rakyat menjadi kuncinya. Jika suara diberikan secara tepat, maka Indonesia akan bisa keluar dari berbagai kesulitan yang ada dan mampu menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Kalau ini terjadi, maka kesejahteraan akan terwujud untuk semua rakyat tanpa kecuali," tegasnya.

Di sesi akhir, Syarief Hasan juga memberikan kesempatan untuk masyarakat menyampaikan pendapat, pertanyaan, masukan, aspirasi bahkan unek-unek dan kegundahan yang dirasakan selama ini. Di sisi lain, masyarakat desa yang hadir berterima kasih atas kunjungan mantan Menteri di era kepemimpinan Presiden SBY ini, dan memintanya terus mendampingi warga desa Kabupaten Cianjur menuju kehidupan yang lebih baik. Warga menilai, Syarief Hasan memiliki sikap positif dan pembawaan yang humble.

Ada beberapa tantangan yang harus dihadapi dalam proses persiapan pemilihan umum (Pemilu) 2024. Pertama terkait sumber daya manusia (SDM) penyelenggara pemilu dan bagaimana menyingkronkannya. Tantangan berikutnya adalah adanya kewajiban partai politik untuk melakukan verifikasi secara administrasi dan secara faktual. Itu perlu dilakukan persiapan sehingga tidak ada yang kehilangan hak politik dari calon peserta partai politik atapun anggota partai politik yang namaya diminta untuk menjadi partai politik tapi juga tidak diverifikasi terlebih dahulu oleh partai politik. 

Pasalnya, pada pemilu-pemilu sebelumnya banyak juga sengketa yang masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK) berkaitan dengan kondisi caleg atau calon kepala daerah. Bagaimana kemudian dia sudah selesai dari ASN apa tidak, bagaimana surat pindah dari partai politik politik, kemudian persyaratan umurnya Dan bagaimana apakah data itu bisa diakses oleh pengawas atau tidak ini juga bisa menjadi bagian proses administrasi yang bisa disiapkan oleh KPU dan juga bisa dapat kita akses sebagai pengawas. 

Sementara tantangan terakhir, yakni terkait pemutakhiran data pemilih yang tidak bisa dilakukan sendiri, tetapi harus dilakukan dengan sinergi antar penyelenggara pemilu. Selain tantangan di atas terdapat ancaman integrasi di antaranya :  politik uang, isu sara, berita hoaks , Politik identitas, Kampanye Hitam dan ujaran kebencian dan yang terakhir adalah daftar pemilih karena itu peran partisipasi aktif masyarakat sangat penting agar dapat mengahadapi tantangan -tantangan menjelang Pemilu 2024 yang akan datang supaya berjalan dengan baik tanpa hambatan seperti yang disampaikan Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan untuk membawa nasib Masa depan bangsa yang lebih baik.

 


Penulis: Amelia Agustini
Mahasiswi FISIP UIN Raden Fatah Palembang


Disclaimer: Artikel dan isi tanggung jawab penulis

 

Share

Ads