loader

Soal Penurunan Stunting di Sumsel, Ini Kata Kepala BKKBN

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Provinsi Sumsel menjadi tuan rumah Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 sangat tepat karena capaian dan prestasi Bumi Sriwijaya dalam percepatan penurunan angka stunting.

"Alasan tegas bahwa Sumsel adalah provinsi percepatan penurunan stunting terbaik di Indonesia," kata Kepala BKKBN Hasto Wardoyo saat Gala Dinner dan Penganugerahan Tanda Penghargaan Bidang Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting 2023 di Palembang, Selasa (4/7) malam.

Menurutnya penurunan 6 persen dari 24,8 menjadi 18,6 persen adalah suatu yang luar biasa.  "Kami yakin Sumsel dapat menjadi contoh bagi provinsi lain dalam penurunan angka stunting ini," katanya.

Penghargaan yang diberikan kepada para kepala daerah merupakan dorongan agar target penurunan stunting menjadi 14 persen tercapai.

"PR nya setelah penghargaan itu harus bagaimana menuju angka 14 persen. Sumsel dari 18 persen menuju 14 persen tidak terlalu berat," katanya.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan memberikan perhatian yang sangat serius terhadap keluarga, karena keluarga sebagai unit terkecil dari suatu negara. 

"Kita sedang berusaha menjauhkan keluarga dari neraka dunia yang dirumuskan dalam tiga hal yaitu stunting, kemiskinan dan narkoba," katanya.

Gubernur Sumsel  Herman Deru mengaku bangga Sumsel menjadi tuan rumah Harganas ke-30 yang  puncaknya digelar, Kamis (6/7) di Kabupaten Banyuasin.

"Saya berterima kasih. Terlalu banyak dampak positif bagi kami. Kalau ekonomi tentu, eskalasi luar biasa salah satunya pempek makanan khas Palembang biasa sehari 11 ton kini menjadi 20 ton," katanya.

Share

Ads