loader

Termasuk Sumsel, Pemerintah Siapkan 6 Provinsi Penyangga dalam Antisipasi Dampak El Nino

Foto
Mentan Syahrul Yasin Limpo panen perdana sawit pada kebun hasil Replanting atau peremajaan di Kabupaten OKI, Sumsel Senin (17/7/2023). (Foto: Ist)

JAKARTA, GLOBALPLANET - Pemerintah terus memperkuat langkah antisipasi menghadapi dampak fenomena El Nino yang puncaknya diprediksi pada Agustus-September 2023. Salah satunya menyiapkan penguatan enam provinsi yang akan menjadi penyangga dalam antisipasi dampak dari fenomena El Nino. 

Hal ini dibahas dalam Rapat Terbatas dipimpin Presiden Joko Widodo di Jakarta, Selasa (18/7/2023). Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, selain enam provinsi yang akan menjadi penyangga juga disiapkan tiga provinsi sebagai pendukung.

Enam provinsi penyangga tersebut di antadanya Sumatra Selatan, Sumatra Utara, Lampung, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan. 

“Kementan sudah mempersiapkan enam provinsi, empat di antaraya adalah pendukung,” ujar Mentan usai mengikuti Rapat bersama Presiden, Selasa (18/7).

Daerah tersebut dipilih karena diharapkan masih tersedia lahan-lahan yang menyimpan air. Antisipasi harus dilakukan dengan serius terutama untuk pangan pokok yakni beras.  

Sebelumnya, Mentan Syahrul Yasin Limpo telah menggelar rapat bersama Gubernur Sumsel Herman Deru mengenai antisipasi dampak El Nino di Palembang, Senin (17/7/2023).

Share

Ads