loader

Gubernur Herman Deru Ungkap Lahan yang Sering Terjadi Kebakaran

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, karhutla di Sumsel rata rata terjadi di lahan yang terbengkalai dan sulit di akses.

"Karhutla ini tidak pernah terjadi di lahan yang dikelola. Untuk lahan terbengkalai, kita harus cari tahu apakah memang lahan itu dibengkalaikan atau memang tidak ada pemilik," katanya usai mendampingi Kepala PNPB Letjen TNI Suharyanto memantau titik karhutla, Selasa (12/9/2023).

Dia menyebut, setiap tahun Sumsel selalu siaga dalam penanganan karhutla. "Kita selalu aktif melakukan pemadaman titik api di Sumsel dengan waterbombing dan mengaktivasi TMC agar terjadi hujan," terangnya.

Dia menyebut, langkah lain yang dilakukan adalah memonitor Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU).

"Kita selalu memantau kondisi udara di Sumsel ini melalui ISPU. Saat ini, kondisi ISPU fluktuatif. Kita juga menyiapkan posko kesehatan akibat pencemaran udara," tuturnya.

Dia berharap, ke depan ada cara permanen dalam penanganan karhutla. "Kita harap kedepan ada solusi terkait cara permanen dalam menghadapi karhutla ini. Kita harus cari solusi ini bersama-sama," katanya.

 

Share

Ads Ads Ads Ads