loader

Agus Fatoni Optimistis Sumsel Jadi Provinsi Terinovatif 2023

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Provinsi Sumsel masuk dalam nominasi tujuh besar kategori Pemerintah Daerah Nominator Akhir Provinsi Terinovatif dalam Penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2023. Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni optimistis Sumsel mampu memenangkan penghargaan tersebut.

"Kita harap Sumsel bisa menjadi juara satu dengan dua inovasi ini, karena tidak heran jika Sumsel ini menjadi nomor satu karena memang inovasi yang ditampilkan ini yang memang bermanfaat bagi masyarakat," kata Fatoni saat menerima tim juri validasi lapangan IGA Tahun 2023 di Ruang Rapat Rumah Dinas Gubernur Griya Agung Palembang, Senin (16/10/2023).

Terdapat dua inovasi yang diikutsertakan Pemprov Sumsel pada ajang IGA tahun ini, yaitu Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) dan Sumsel Tanggap. Fatoni menyebut Sumsel memiliki komitmen yang kuat untuk terus menerus melakukan inovasi.

"Saya menjadi saksinya, waktu menjabat Kepala Badan Litbang di Kemendagri, Sumsel banyak meraih penghargaan karena banyaknya prestasinya," ucap Fatoni.

Terkait aplikasi Sumsel Tanggap, Fatoni menjelaskan bahwa program tersebut merupakan sebuah inovasi bidang pelayanan kesehatan dalam penanggulangan gawat darurat medis. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan Polda Sumsel dan cukup menghubunginya di nomor 119.

"Saya berharap penilaian yang dilakukan  secara objektif. Kepada jajaran saya minta memberikan data-data yang diperlukan tim penjurian," imbuhnya.

Kepala Keasistenan Utama Resolusi dan Monitoring Ombudsman, Dominikus Dalu menyebut Sumsel merupakan salah satu lrovinsi yang inovatif. Dia berharap, prestasi yang telah diraih serta inovasi yang sudah ada dapat dipertahankan dan dikembangkan.

"Sumsel ini memang Provinsi yang inovatif, terbukti 2017 lalu Sumsel menjadi juara pertama," kata Dominikus.

"Inovasi GSMP adalah satu terobosan yang sangat baik, kita harap ini dapat dikembangkan begitu juga dengan Sumsel Tanggap," sambungnya.

Share