loader

Menerawang Capres yang Akan Buka Keran Pemekaran Daerah

Foto
Foto Istimewa.

JAKARTA, GLOBALPLANET - Forum Koordinasi Nasional Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru Seluruh Indonesia (Forkonas PPDOB) menggelar Rapimnas di Gedung Nusantara V DPR, Rabu (1/11/2023). 

Kegiatan dihadiri seluruh DOB di Indonesia dan Forkonas Daerah se Indonesia untuk melihat perkembangan politik jelang pemilihan Presiden 2024.

Rapimnas ini untuk menyerap aspirasi dari berbagai daerah dan melihat perkembangan dari rencana Daerah Otonomi Baru (DOB) serta menyikapi persoalan Pilpres 2024.

"Dalam Rapimnas ini kita akan mengeluarkan rekomendasi kepada capres dan cawapres yang memiliki komitmen kuat dan terukur untuk pembentukan daerah pemekaran baru yang tertuang dalam visi dan misinya, dan juga rekomendasi yang ditujukan kepada Pemerintahan Jokowi sebelum habisnya masa jabatan untuk membuat keputusan mengenai pemekaran, serta evaluasi daerah hasil pemekaran yang lama," ujar Ketua PP DOB Saiful Huda dalam siaran pers yang disebarkan SMSI Sumsel.

Disampaikannya bahwa seharusnya memoratorium pemekaran tidak berlaku lagi, karena pemekaran baru di Papua dengan segala caranya tetap dilakukan. Entah karena daerah otonomi khusus atau melalui Perpu ataupun Kepres, yang pasti telah terjadi pemekaran di daerah Papua padahal masih moratorium pembentukan DOB.

"Kita akan membentuk delegasi untuk melakuan lobi-lobi ke para paslon presiden dan wapres untuk melihat keseriusan seluruh paslon setelah itu. Kita akan mengeluarkan keputusan untuk mendukung paslon tersebut, dan yang terpenting adalah mendesak Pemerintah Jokowi untuk segera mengeluarkan surat keputusan mengenai pemekaran daerah baru," tutupnya. 

Share

Ads